Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar Semua Operator

Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar Semua Operator

Sehubungan dengan diberlakukannya aturan Permenkominfo No. 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Permenkominfo No. 12 Tahun 2016 tentang Pelanggan Jasa Telekomunikasi, maka dari itu pengguna yang memiliki nomor handphone diwajibkan untuk mendaftarkan Kartu Perdana atau Sim Card miliknya tersebut menggunakan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan nomor Kartu Keluarga (KK). 

Tentunya informasi yang diberikan harus valid dan terdaftar di Dinas Kependudukan & Catatan Sipil, serta tidak boleh ada kesalahan memasukan informasi. Apabila pengguna tidak mendaftarkan Sim Cardnya segera, tidak diregistrasi menggunakan nomor KTP dan KK yang valid maka konsekuensi yang akan diterima adalah pemblokiran atau pembatasan penggunaan yang mengakibatkan tidak dapat digunakannya Sim Card tersebut sebelum pengguna melakukan kewajiban registrasi seperti yang di jelaskan dalam aturan Permenkominfo. 

Tetapi, jika Sim Card pengguna telah berhasil diregistrasi menggunakan nomor KTP dan nomor KK yang valid maka fitur untuk melakukan akes dasar ke fungsi telpon akan terbuka dan Kartu Perdana sudah siap digunakan, setiap pengguna mempunyai kesempatan 3 kali untuk melakukan registrasi. Jika gagal maka akses ke gprs, internet data, sms dan line komunikasi panggilan telfon akan dikunci sementara.

Ketika itu akan muncul pesan balasan yang mengatakan bahwa pengguna perlu datang ke gerai pulsa masing-masing provider untuk melakukan permohonan registrasi ulang terhadap kartu sim yang gagal di daftarkan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui bagaiamana cara mendaftarkan Sim Card lewat sms ke 4444 atau daftar secara online.

TELKOMSEL

1. Untuk pengguna Telkomsel, ketik REG(spasi)Nomor KTP#Nomor KK#, lalu kirim SMS ke 4444. Sedangkan untuk pelanggan lama mau daftar ulang menggunakan Nomor KTP dan Nomor KK berbeda, silahkan ketik ULANG(spasi)Nomor KTP#Nomor KK#. Selanjutnya kirim pesan sms tersebut ke 4444.

2. Datang ke GraPARI, Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan registrasi kartu prabayar, Anda bisa menghubungi pihak GraPARI terdekat.

XL

1. Cara registrasi kartu prabayar XL lewat SMS dapat dilakukan dengan cara mengetik DAFTAR#Nomor KTP#Nomor KK, kemudian kirim pesan registrasi tersebut ke 4444.

2. Jika ditemukan adanya kendala pada saat melakukan registrasi kartu XL Prabayar, silahkan hubungi customer service XL melalui kontak surel di customerservice@xl.co.id atau call center di nomor 817.

INDOSAT

1. Daftar lewat SMS dengan mengetik Nomor KTP#Nomor KK
Kirim ke 4444.

2. Daftar melalui website bisa dilakukan dengan cara mengunjungi myim3.indosatooredoo.com. Masukan nomor hp untuk cek nomor. Selanjutnya klik verifikasi.

SMARTFREN

1. Daftar lewat SMS dapat dilakukan dengan mengirim format Nomor KTP#Nomor KK# Kemudian kirim ke 4444.

2. Cara kedua dapat dilakukan melalui aplikasi My Smartfren atau mengunjungi langsung situs https://my.smartfren.com/reg
Berikan data diri, seperti nomor kartu Smartfren, Nomor KTP, Nomor KK, alamat email.
Lalu verifikasi menggunakan PUK yang terdapat dikemasan kartu, kode aktivasi, atau SMS. Kemudian masukkan data verifikasi tersebut
dan terahkir masukkan kode.

3. Daftar di Gerai Smartfren, denga datang langsung ke Gerai Smartfren terdekat dengan membawa KTP dan KK.

TRI

Registrasi Kartu 3 dapat dilakukan lewat situa tri.co.id atau dengan cara ketik ULANG#Nomor KTP#Nomor KK. Kirim ke 4444. Untuk pelanggan baru, ketik Nomor KTP#Nomor KK, dan kirim ke 4444.

2. Cara daftar lewat website bisa dilakukan dengan mengunjungi situs https://registrasi.tri.co.id/daftar
Masukkan Nomor KTP, nomor KK
Pilih kode rahasia untuk keamanan data dan kartu, Lalu klik dan tekan tombol Kirim.

AXIS

1. Daftar lewat SMS, ketik DAFTAR#Nomor KTP#Nomor KK
Kirim ke 4444 Lalu ikuti petunjuk yang ada dilayar. Cara registrasi ulang lewat SMS Ketik ULANG#Nomor KTP#Nomor KK
Kirim ke 4444.

2. Daftar lewat aplikasi My Axisnet, buka aplikasi My Axisnet
Buka menu Pengaturan Profile
Pilih sub menu Daftar Ulang
Masukkan nomor KTP, isian data sifatnya wajib.

3. Melalui website dengan cara mengunjungi halaman axisnet.id/rr. Lalu masukkan nomor hp yang hendak digunakan.

Demikian cara melakukan registrasi Sim Card lewat SMS 4444 dan Online. Dengan mendaftarkan Kartu Perdana maka, pelanggan akan terlindungi dari segala bentuk kejahatan cyber, baik itu penipuan lewat SMS, kejahatan phising, mama minta pulsa, pembobolan rekening e-banking dan kejahatan-kejahatan elektronik lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar Semua Operator"