Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Daftar Akun Unity Ads untuk Pemula

Cara Mudah Daftar Akun Unity Ads untuk Pemula
Photo by SM-G955F from PxHere / CC0
Unity Ads merupakan platform penyedia layanan iklan milik Unity Technologies yang menyediakan kerangka kerja monetisasi yang komprehensif untuk game dan aplikasi Anda. Baik yang dikembangkan dengan Unity, XCode, atau Android Studio.

Dengan Unity Ads, Anda dapat menggabungkan format iklan ke dalam titik alami permukaan aplikasi/ atau game seperti menerapkan unit iklan video reward dimana pengguna dapat berinteraksi dengan iklan Unity Ads.

Tentu saja, iklan video reward yang dapat dimainkan tersebut akan memberikan peluang kepada pengguna untuk menonton video iklan sampai akhir, ketika pengguna memilih ikut serta untuk menonton iklan, maka pengguna akan menerima reward seperti nyawa tambahan atau coin.

Selain itu Anda juga dapat menerapkan unit iklan lain seperti banner, dan iklan intertisial untuk memaksimalkan pendapatan aplikasi/game Anda. Dengan demikian, Anda akan menemukan keseimbangan yang tepat antara monetisasi dan pengalaman pengguna.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mendaftar akun Unity Ads. Alangkah lebih baik jika Anda mempersiapkan syarat penting berupa alamat email dan akun PayPal. Apabila Anda belum memiliki akun PayPal silahkan baca kembali postingan artikel kami yang membahas bagaimana cara daftar akun PayPal.

Untuk alamat email, Anda bisa menggunakan email gratis yang disediakan google mail, yahoo mail, ataupun outlook. Setelah semua syarat diatas telah dipersiapkan. Langkah berikutnya adalah melakukan registrasi.

Cara daftar akun Unity Ads terbaru

1. Langkah pertama, silahkan navigasi ke alamat www.unity.com atau salin dan pastekan pada adress bar.

2. Pilih tombol Create Unity ID

3. Lengkapi semua data pada kolom yang disediakan seperti memasukan alamat email, username, password, dan nama lengkap.

4. Ceklis semua checkbox persyaratan layanan Unity, Kebijakan Privasi, Informasi pengumpulan data pribadi dan aktivitas pemasaran. Kemudian Create a Unity ID dan pilih Continue.

5. Selanjutnya konfirmasi akun Unity ID Anda dengan cara buka aplikasi email periksa kotak masuk dan cari link konfirmasi berwarna merah. Silahkan klik dan Anda akan diarahkan pada halamam login.

6. Pada tahap ini akun Unity Ads Anda sudah selesai didaftarkan. Silahkan login kembali menggunakan alamat email dan password yang telah Anda buat sebelumnya.

Cara install kode Unity Ads SDK untuk Android

1. Pertama buka Android Studio IDE, buat project baru atau jika project Android Anda sudah ada. Lewati langkah ini
2. Tambahkan modul baru dan impor unity-ads.aar
3. Selanjutnya klik kanan pada modul di tampilan proyek, buka ( Pengaturan Modul > app). Tambahkan modul "unity-ads" sebagai depedencies.
4. Tambahkan import berikut ke Activity file Java Anda

import com.unity3d.ads.UnityAds;

Jika Anda tidak dapat menggunakan .aar paket  dengan sistem build Anda. Ikuti langkah ini untuk menggunakan iklan Unity.

1. Sertakakan classes.jar dalam build Anda.
2. Gabungkan manifest secara manual dari AndroidManifest.xml. Pastikan Anda menyertakan AdUnitActivity dan AdUnitSoftwareActivity. Anda juga perlu menambahkan permission INTERNET dan ACCES_NETWORK_STATE.
3. Jika Anda menggunakan ProGuard, tambahkan semuah baris dari proguard.txt ke konfigurasi ProGuard Anda.

Jika aplikasi Anda menargetkan target SDK Android 13 atau yang lebih tinggi. Silahkan deklarasikan ijin berikut

<uses-permission android:name="com.google.android.gms.permission.AD_ID"/>

Anda bisa melewati langkah ini, apabila versi Unity Ads SDK yang Anda gunakan adalah versi 4.1 atau lebih tinggi. SDK 4.1 sudah secara otomatis mendeklarasikan permission dan acces Advertising ID. Untuk Unity Ads SDK versi 4.0.1 atau di bawahnya harus dideklarasikan secara manual.

Inisialisasi SDK di Android

Untuk menginisialisasi SDK, Anda harus menggunakan rujukan ID Game Project untuk platform yang sesuai. Anda dapat menemukan Game ID ini di dasboard Monetisasi dengan memilih ( CURRENT PROJECT > Project Setting ) dari bilah navigasi sekunder.

Metode inisialisasi memerlukan listener sebagai parameter. Implementasikan IUnityAdsInitializationListener antarmuka yang menangani callback inisialisasi. Sebagai contoh:

import android.os.Bundle;
import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity;
import com.unity3d.ads.example.R;
import com.unity3d.ads.IUnityAdsInitializationListener;
import com.unity3d.ads.UnityAds;
public class InitializeAdsScript extends AppCompatActivity implements IUnityAdsInitializationListener {

private String unityGameID = "1234567";
private Boolean testMode = true;
 @Override
  protected void onCreate (Bundle savedInstanceState) {
     super.onCreate (savedInstanceState);
     setContentView (R.layout.activity_main);
     // Initialize the SDK:
     UnityAds.initialize(getApplicationContext(), unityGameID, testMode, this);
  }
 @Override
  public void onInitializationComplete() {

}

  @Override
  public void onInitializationFailed(UnityAds.UnityAdsInitializationError error, String message) {

}
}
Untuk fungsi initialize, konteks parameternya adalah Android. Parameter unityGameID adalah ID Game Unity yang ada di dasboard Monetisasi. IUnityAdsInitializationListener adalah listener untuk hasil panggilan inisialisasi. Boolean true menunjukan game dalam mode uji coba dan hanya menampilkan iklan percobaan.

Membuat Unit Iklan 

1. Dari bilah navigasi pilih ( Monezation > Ad Unit ) 
2. Pilih dan tambahkan unit iklan, 
3. Kemudian masukan nama unit iklan, pilih Platform (iOS atau Android) dan format iklan (Reward, Interstisial, atau Banner). 
4. Pilih buat untuk menyimpan unit iklan Anda. 

Setelah unit iklan berhasil dibuat, pergi ke Pengaturan Lanjutan untuk mengkonfigurasi pengaturan format iklan. 

Nah itu saja tutorial dari kami mengenai cara daftar akun Unity, bagaimana apakah Anda tertarik untuk memonetisasi aplikasi dengan unity ads? Apabila Anda suka dengan artikel ini silahkan share ke teman. Semoga beanfaat dan terimakasih sudah berkunjung!

Referensi : Unity Documentation

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Daftar Akun Unity Ads untuk Pemula"