Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Google Form dari HP, Mudah dan Praktis


Cara Membuat Google Form dari HP, Mudah dan Praktis
from PxHere / CC0
Google form adalah perangkat lunak administrasi survey yang ditawarkan oleh Google pada bulan Oktober 2014. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat formulir dalam bentuk digital, mengedit survey online sekaligus berkolaborasi dengan pengguna lain secara real-time.

Jika dibandingkan dengan formulir konvesional yang masih menggunakan sarana kertas, Google formulir dipandang lebih praktis, murah dan cepat. Jadi, Anda tidak harus repot-repot lagi menyebarkan selebaran kertas lewat pintu ke pintu, keliling kampung seperti halnya formulir konvensional yang harus ditenteng kemanapun Anda pergi.

Kelebihan lain dari Google form adalah gratis, pengguna cukup akses ke situs form.google.com pada addres bar dengan mudah. Cara pembuatannya juga cukup sederhana, mudah dioperasikan dan tidak berbelit-belit. Namun untuk menunjang kelancaran pembuatan, Anda hanya perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil, perangkat handphone/ atau laptop dan akun google. Berikut adalah cara buat formulir/ atau survey online di google form. 

Cara membuat Google form dari ponsel

1. Buka browser seperti aplikasi Mozilla Firefox, Opera Mini, Chrome, atau Safari.
2. Navigasikan ke url docs.google.com/forms atau forms.google.com, maka formulir baru akan terbuka.
3. Selanjutnya, buat kuisioner dengan cara memasukan pertanyaan dan judul formulir, tentukan format warna, gaya teks, jenis huruf dan gambar header.
4. Pilih beberapa jenis pertanyaan yang disediakan. Anda dapat menggunakan opsi jawaban singkat, paragraf, kisi pilihan ganda, kotak checkbox, skala linear, drop down, opsi tanggal dan sebagainya. Kemudian gunakan tanda ( + ) untuk menambahkan pertanyaan lainnya.
6. Jika formulir sudah selesai dibuat, silahkan klik tombol Send untuk mendapatkan tautan. Salin url dan bagikan ke orang-orang yang Anda kehendaki.
7. Jika tautan sudah dibagikan, Anda tinggal menunggu tanggapan yang dikirimkan oleh responden.

Cara mengedit Google form

Formulir digital yang sudah Anda buat bisa diedit kapan saja meski tautan sudah terlanjur dibagikan. Anda bisa menambakan pertanyaan, menyisipkan gambar sekaligus mengubah tampilan template dan warna latar. Untuk mengubah warna latar. Caranya klik ikon Theme yang terletak dibagian atas dan perubahan akan disimpan secara otomatis.

Memilih lokasi penyimpanan

Pada saat Anda mengirim formulir. Tanggapan dari responden dapat dikumpulkan di dalam formulir atau secara terpisah di Google Spreadsheet.

1. Buka formulir di tautan Google Formulir
2. Di kiri atas bagian Tanggapan, klik Ringkasan.
3. Di kanan atas, klik ( lainnya > Pilih tujuan tanggapan ).
4. Pilih salah satu opsi berikut:
- Buat Spreadsheet baru untuk menyimpan respon, atau;
- Pilih Spreadsheet yang sudah ada.
5. Klik buat atau pilih.

Apabila Anda menyimpan tanggapan di dalam spreadsheet, Anda akan memiliki file terpisah di Google Drive. Selain itu, Anda juga dapat menghapus spreadsheet tanpa menghapus file lain yang terhubung. Harap diingat jika Anda menghapus respon di dalam formulir, maka tindakan tersebut tidak dapat diurungkan.

Cara melampirkan dokumen di Google form

Pengguna Google form dapat mengizinkan responden untuk melampirkan dokumen. Fitur ini biasanya digunakan untuk mengumpulkan informasi dokumen dari pendaftar. Untuk mengunggah file, responden akan diminta untuk login ke akun Google dan semua file yang dikumpulkan akan dikirim ke Google Drive pemilik formulir. Berikut adalah cara untuk mengizinkan responden mengunggah file ke Drive Anda.

1. Buka Google form
2. Klik tanda ( + ) untuk menambahkan pertanyaan. Lalu, masukan pertanyaan.
3. Pada menu dropdown yang ada di sampimg pertanyaan, pilih upload file.
4. Tentukan jenis file yang dapat diunggah (.doc, .xls, .ppt, .pdf, .jpg, .png, .mp4, dsb)
5. Tetapkan ukuran dan jumlah file maksimum untuk semua file yang dikumpulkan dengan limit 1 hingga 10 GB.
6. Setelah menerima dokumen unggahan yang diterima dari responden, pembuat formulir dapat melihat dokumen tersebut melalui fitur Lihat folder berwarna biru yang menuju ke akun Drive Anda.

Demikian cara buat Google form dari hp dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Google Form dari HP, Mudah dan Praktis"