Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Batre Android jadi Awet dan Tahan Lama

Photo by Santeri Viinamäki from Wikimedia Commons / CC BY-SA 4.0
Batre merupakan komponen paling penting untuk membuat smartphone dapat bekerja, tanpa batre mustahil smartphone itu bisa bekerja dengan baik, tidak peduli seberapa canggih smartphone yang dimiliki, seberapa mahal smartphone yang dibeli. Sebuah smartphone itu menjadi tidak berguna apabila tidak ada kompenen pendukung seperti batre.

Batre hp ibarat jantung yang ada dalam organ tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk memompa darah dan mengalirkan oksigen serta cairan elektrolit lain keseluruh tubuh. Jantung adalah organ vital paling penting, ketika ada kelainan pada organ jantung maka organ lainnya pun akan terkena dampak yang cukup besar. 

Begitupun dengan batre smartphone yang apabila mengalami disfungsi, atau kerusakan pada kandungan elektrolit yang ada di dalamnya, tentu hal ini akan menimbulkan pengaruh serius terhadap komponen hardware lain yang terhubung dalam papan sirkuit. 

Termasuk akan ada pengaruh kepada sistem software dan aplikasi. Tanpa adanya batre maka software yang terpasang menjadi tidak akan berjalan dan bahkan sistem IC power pun tidak akan mungkin bisa untuk dinyalakan. Smartphone mahal yang memiliki spesifikasi dewa sekalipun akan menjadi tidak berguna apabila batrenya mengalami kerusakan.

Kami amati memang hampir setiap orang memiliki keluhan yang sama terhadap masalah batre smartphone. Mungkin tingginya intensitas penggunaan hp yang berlebih menjadi salah satu penyebab mengapa batre itu menjadi mudah boros, tidak awet, dan cepat habis walaupun tidak sedang digunakan. 

Tips supaya batre HP jadi awet

Sebagai solusinya, kami ingin memberikan sebuah tips bagaimana cara mengoptimalkan batre smarphone Anda agar tetap awet dan tahan lama untuk digunakan hingga bertahun tahun. Berikut dalah cara atau tips bagaimana cara membuat batre smartphone menjadi awet.

1. Jangan nengoperasikan Smartphone selagi di-charge

Smartphone yang sedang dicharge akan menyebabkan temperatur suhu menjadi tinggi dan ketika suhu batre sudah mencapai angka 50 persen atau lebih maka kiat yang sangat dianjurkan adalah segera mendinginkan perangkat hp Anda beberapa saat sebelum smartphone itu akan kembali digunakan. 

Apabila Anda mengoperasikan smartphone pada saat sedang di-charge kemungkian terburuk adalah temperatur suhu batre akan mengalami over heat. Jika kebiasan tidak baik seperti ini terus dilakukan, secara perlahan batre hp Anda akan menggelembung, kemudian batre tersebut menjadi tidak lagi optimal untuk digunakan.

2. Jangan tunggu batre kosong lalu di-charge

Kebiasaan menggunakan smartphone hingga 0% akan berdampak buruk pada siklus pakai batre, yang membuat siklus pakai menjadi tidak beraturan. Indikasinya batre akan cepat terisi walaupun batre hp di-charge dalam waktu singkat. Untuk menjaga batre tetap awet, sebaiknya hindari menggunakan smartphone Anda hingga 0 persen.

3. Uninstall aplikasi penguras batre

Aplikasi yang memiliki kualitas gafis tinggi seperti game HD menjadi salah satu penyebab kenapa daya batre smartphone cepat habis. Tingginya kualitas pada grafis akan memaksa prossesor untuk bekerja keras dan memaksa gpu untuk merender gambar menjadi tajam. Alhasil daya batre smartphone akan cepat terkuras dan membuatnya menjadi boros. 

4. Hindari pasang Antivirus lebih dari satu

Antivirus akan bekerja di latar belakang layar meskipun Anda tak pernah membukanya. Aplikasi antivirus akan otomatis bekerja saat pertama kali smartphone dihidupkan atau pada saat proses booting. Jadi, pastikan hp Anda tidak memasang antivirus lebih dari satu ya. 

5. Pasang aplikasi batre saver

Anda bisa menggunakan batre saver sebagai alat untuk menghemat batre pada smartphone. Paling tidak aplikasi ini dapat mengontrol sekaligus membatasi aplikasi yang bekerja di latar belakang. 

6. Atur tingkat kecerahan Layar

Layar yang menyala terus menerus akan mengakibatkan daya batre cepat terkuras. Sangat dianjurkan untuk mengatur tingkat kecerahan layar otomatis. Jangan meninggikan kecerahan layar sampai 100 persen dan atur pula berapa lama layar smartphone Anda akan redup sementara.

7. Upgrade sistem OS hp ke versi terbaru

Terkadang batre hp masih saja terasa boros meski semua kiat sudah dilakukan dengan baik. Dan penyebabnya bisa jadi ini karena usia sistem operasi handphone Anda sudah usang dan memerlukan pembaruan. Segera lakukan update sistem OS ("Operating System") hp Anda ke versi terbaru untuk memaksimalkan kinerja hadware, meningkatkan performa dan kompatibilitas terhadap semua aplikasi

Kesehatan batre penting untuk di rawat karena rusaknya batre itu tergantung dari perawatan kita terhadap batre itu sendiri. Mungkin hanya itu yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Batre Android jadi Awet dan Tahan Lama"