Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upload Aplikasi Android ke Play Store 2022

Cara Upload Aplikasi Android ke Play Store 2022

Google Play Store merupakan toko resmi untuk OS Android yang berfungsi sebagai media pemasaran digital untuk mempermudah developer dalam menjual game, aplikasi, musik, buku dan film. Sebelum Anda bisa memasarkan produk digital berupa aplikasi Android, syarat pertama yang perlu disiapkan adalah akun Google Play Console aktif. 

Untuk cara pendaftarannya silahkan baca artikel kami yang membahas tentang cara daftar akun godev. Di postingan kali ini kami berasumsi bahwa Anda sudah mendaftarkan akun google developer console di play.google.com/apps/publish dan sedang membutuhkan informasi tentang bagaimana cara upload aplikasi android. Berikut ini adalah cara bagaimana submit aplikasi android pada Google Play Store

Masuk ke dashboard akun Konsol Play Anda

Setelah membeli akun godev, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan dan menjalankan aplikasi Anda, di halaman Dasboard Konsol Play, Anda dapat menguji, mengelola, dan menyelesaikan tugas secara berurutan. 

Selanjutnya, buat dan kelola rilis pengujian internal agar aplikasi Anda tersedia untuk 100 penguji internal. Untuk megundang penguji silakan masukan alamat email pada kolom isian. Anda dapat memisahkan alamat email tersebut dengan tanda koma dan memasukan lebih dari 100 penguji internal, namun 100 penguji pertama lah yang akan berhasil bergabung. 

Tahap kedua adalah membuat dan merilis aplikasi dengan cara klik tombol Publish an Android App on Google Play atau bisa juga dilakukan dengan cara mengklik tombol Create app. Kemudian isilah detail aplikasi seperti mengisi nama aplikasi, bahasa default, terjemahan dll. Jangan lupa untuk mencentang kebijakan program developer dan undang-undang ekspor AS. 

Membuat dan meluncurkan rilis

Pertama, siapkan rilis dengan cara klik tombol buat rilis. Setelah itu, Anda akan dibawa pada halaman dimana Anda bisa langsung mengupload aplikasi Android pertama Anda. Harap dicatat bahwa sejak tanggal 1 Agustus 2021, pihak Google resmi menggantikan format distribusi standar APK dengan format baru AAB. 

Format (.aab) pertama kali diperkenalkan dalam acara Google I/O 2018. Keuntungan dari format android app bundle adalah dapat menghemat ruang penyimpanan. Sebab format ini sifatnya dinamis dan ukuran aplikasinya juga jauh lebih ringan dibandingkan aplikasi android yang didistribusikan menggunakan format APK. 

Untuk memulainya, silahkan klik tombol upload berwarna biru, cari aplikasi format .aab yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Kemudian masukan detail rilis meliputi nama dan catatan rilis. Setelah itu, simpan perubahan dan tinjau aplikasi sebelum Anda memutuskan peluncuran. 

Lengkapi informasi tentang aplikasi Anda di Listingan Play Store

1. Menetapkan kebijakan privasi

Tambahkan url kebijakan privasi pada kolom yang telah disediakan. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda memberikan transparansi tentang cara mengelola data perangkat yang sensitif dan bagaimana data pengguna itu dikumpulkan. 

2. Akses aplikasi

Anda dapat mencentang salah satu dari kedua opsi yang disesuaikan dengan keadaan fungsi utama aplikasi Anda. Apabila semua fungsi tersedia tanpa akses khusus, centang opsi paling atas dan centang opsi yang ada dibawah jika semua atau beberapa fungsi aplikasi Anda dibatasi. Klik simpan untuk menyimpan perubahan. 

3. Iklan

Jika aplikasi Anda berisi iklan, silahkan klik ("Ya"), label berisi iklan ini akan ditampilkan disamping aplikasi Anda. Deklarasikan ("Tidak"), jika aplikasi Anda tidak memiliki iklan. Jangan lupa untuk mempelajari kebijakan iklan untuk memastikan kepatuhan aplikasi Anda terhadap perjanjian pengembang. 

4. Rating konten

Rating konten ini berguna untuk meningkatkan engagement aplikasi dengan menarget audiens yang tepat. Jika aplikasi Anda tidak ingin ditandai sebagai aplikasi yang tidak diberi rating. Silahkan lengkapi kuesioner rating dengan cara pergi ke halaman (Kebijakan > Konten Aplikasi). Klik mulai, ketik alamat email, pilih kategori, dan tinjau informasi kuesioner. Rating ini akan ditampilkan di Google Play untuk menginformasikan kepada konsumen, terutama orang tua mengenai konten tidak pantas di dalam aplikasi. 

5. Target Audiens

Di bagian ini Anda akan diminta untuk menyatakan kelompok usia target aplikasi. Jika aplikasi Anda menargetkan pengguna yang berusia dibawah 21 tahun, pertimbangkan apakah mereka akan dianggap sebagai anak-anak berdasarkan hukum di negara Anda. Setiap aplikasi yang menargetkan anak-anak harus mematuhi persyaratan Kebijakan Keluarga Google Play. 

6. Aplikasi berita

Jika aplikasi Anda memenuhi syarat sebagai aplikasi berita, deklarasikan apl tersebut sebagai aplikasi berita. Namun, jika aplikasi yang fungsi utamanya berisi konten buatan pengguna, maka aplikasi tersebut tidak boleh dideklarasikan sebagi aplikasi berita. 

7. Aplikasi pelacakan kontak dan status COV19

Lengkapi aplikasi status pelacakan kontak dan COV19 di halaman (Kebijakan > Konten aplikasi) di Konsol Play. Apabila aplikasi bukan merupakan aplikasi status pelacakan kontak. maka kami menyarankan Anda untuk memilih pernyataan yang berada paling bawah. 

8. Keamanan data

Di halaman ini Anda akan diminta untuk mengisi formulir keamanan data. Informasi yang Anda berikan akan ditampilkan di Listingan Play Store untuk membantu pengguna memahami praktik privasi, keamanan, dan penanganan data. Di halaman berikutnya, Anda akan ditanya apakah aplikasi mengumpulkan atau membagikan salah satu jenis data pengguna yang diperlukan seperti halnya data lokasi, info pribadi, info keuangan, kesehatan dan kebugaran, pesan, foto dan video, file audio, file dan dokumen, kalender, kontak, aktivitas aplikasi, penjelajahan web, info dan performa aplikasi, ID perangkat atau lainnya. 

Mengelola bagaimana aplikasi Anda akan ditampilkan di Google Play

1. Pilih jenis, kategori dan tag aplikasi yang mendeskripsikan konten dan fungsi utama aplikasi Anda. Untuk membantu pengguna dapat menghubungi Anda, silahkan berikan detail kontak dengan cara mengisi alamat email, nomor telepon, situs web. Terakhir, Nonaktifkan pemasaran internal jika aplikasi Anda tidak ingin diiklankan diluar Google Play.

2. Siapkan Listingan Play Store Utama dengan cara memasukan detail aplikasi seperti nama aplikasi, deskripsi singkat, deskripsi lengkap, asset grafis seperti ikon aplikasi, gambar fitur, video dsb. 

Asset visual yang diupload harus memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan. Berikut adalah kriteria gambar yang memenuhi syarat:

Ikon aplikasi

Buatlah ikon aplikasi dengan latar transparan. Setiap ikon yang Anda buat harus berupa PNG atau JPEG, memiliki ukuran 1 MB, resolusi 512x512 px, memenuhi spesifikasi desain dan kebijakan metadata. 

Gambar fitur

Asset gambar fitur Anda harus berupa PNG atau JPEG, punya resolusi 1024x500 px. Sebaiknya Anda membuat gambar fitur yang bisa mendeskripsikan fungsi utama aplikasi Anda. 

Video

Setiap video harus berkategori publik dan iklan harus dinonaktifkan, tidak boleh dibatasi usia, dan video tersebut harus dibuat dalam mode lanskap. 

Screenshoot telepon

Anda dapat menambahkan 2 hingga 8 screenshot yang mendeskripsikan fungsi utama aplikasi Anda. Screenshoot harus berupa PNG atau JPEG, berukuran 8 MB dengan rasio lebar tinggi 16:9, 9:16, dan minimal resolusi berukuran 1080 px. Selain itu Anda juga dapat menambahkan screenshoot tablet ukuran 7 atau 10 inci.

Jika semua tugas sudah diselesaikan dengan benar, langkah berikutnya adalah tahap produksi. Anda bisa pergi ke menu (Rilis > Produksi ) untuk menemukan aplikasi yang siap didistribusikan ke marketplace Google Play. Setalah aplikasi berhasil diluncurkan Anda hanya perlu menunggu persetujuan dari pihak peninjau. Biasanya waktu peninjauan aplikasi yang baru pertama kali rilis akan memakan waktu hingga 4-7 hari kerja. 

Nah itu tadi cara bagaimana merilis aplikasi android ke Google Play, tentu banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika Anda memiliki aplikasi android. Apabila aplikasi android tersebut Anda monetisasi, maka akan menjadi asset menguntungkan di masa depan. Terimakasih sudah membaca dan jangan lupa untuk membagikan tutorial ini kepada teman Anda yang membutuhkan. 

Posting Komentar untuk "Cara Upload Aplikasi Android ke Play Store 2022"