Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Sensor Sidik Jari Xiaomi MIUI 12

Cara Mengaktifkan Sensor Sidik Jari  Xiaomi MIUI 12
This work "fingerprintHP" is a derivative of "phoneby lpolop from PxHere used under CC0 "fingerprintHP" is licensed under CC BY by [www.rubrikpulsa.com]

Fitur keamanan yang tertanam di Smartphone menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan guna mencegah orang tidak bertanggung jawab mencuri semua data yang tersimpan di dalam ponsel Anda. Entah itu data kontak, gambar, video, dokumen, arsip pekerjaan dan sebagainya. 

Karena tidak pungkiri bahwa di jaman sekarang, sebuah Smartphone tidak hanya difungsikan lagi sebagai alat komunikasi biasa, namun lebih dari sekedar itu. 

Kita tahu bahwa smartphone adalah alat komunikasi yang bersifat pribadi yang mana dengan alat ini kita akan terbantu untuk melakukan berbagai pekerjaan seperti aktifitas browsing, multimedia, mengelola data pribadi, menyimpan foto, video, ataupun menaruh berkas penting lainnya ke dalam penyimpanan.

Tentu saja, jika smartphone itu dibiarkan tanpa kunci pengaman, maka orang yang memegang kendali hape Anda akan dengan mudah melihat-lihat foto, video, bahkan mereka juga bisa mencuri semua data-data yang ada. Oleh karena itu, proteksi smartphone itu penting dilakukan agar semua berkas yang tersimpan di ponsel Anda bisa terlindungi secara aman. 

Hampir semua produsen Smartphone sudah membekali fitur keamanan pada produk yang mereka buat. Sebagai contoh Fitur keamanan standar yang umum digunakan pengguna ponsel adalah PIN, Password dan Pola. Namun sekarang beberapa vendor Smartphone high end telah menanamkan sistem keamanan yang lebih canggih daripada pengamanan PIN, seperti adanya fitur kunci Face Unlock atau Sidik Jari.

Bahkan ponsel menengah kebawah juga banyak yang mengadopsi sistem pengamanan seperti yang tertanam di ponsel kelas atas. Tak terkecuali ponsel Xiaomi yang sudah memberikan sistem pengamanan canggih untuk setiap produk entri levelnya. Kehadiran Fitur keamanan dari Xiaomi ini akan memberikan keamanan berlapis guna melindungi data pribadi Anda dari segala bentuk penyalahgunaan. 

Dengan adanya kunci face unlock atau sensor fingerprint akan lebih memudahkan Anda untuk membuka kunci Smartphone dengan cepat. Berbeda dengan kata sandi berupa PIN atau Password yang harus dimasukan tiap kali ingin membuka ponsel. Pastinya kurang praktis dan ribet, bukan?

Cara mengaktifkan sensor sidik jari di Xiaomi MIUI 12

1. Pertama Buka Setelan, lalu Pilih Sandi & Keamanan
2. Setelah itu, Anda dapat memiliih 4 Opsi pengamanan, seperti Sandi berupa PIN atau Pola, sensor Sidik Jari, Face Unlock, buka kunci dengan perangkat Bluetooth.

Gambar menu setting Xiaomi
Image source: menu setting Xiaomi

3. Silahkan Pilih opsi Buka Kunci dengan Sidik Jari. Pada saat pertama kali membuat kunci pengamanan di ponsel Xiaomi, Anda akan diminta untuk membuat Pola atau PIN untuk mengantisipasi ketika sensor sidik jari tidak berfungsi. 

Untuk memudahkan penggunaan cukup pilih pola saja, lalu letakan jari Anda di sensor fingerprint dan angkat ketika ponsel sudah mengalami getaran. Dan terakhir Tempelkan ulang bagian Sidik jari yang lain ke dalam rekaman sensor, jika sudah berhasil lalu klik tambahan Sidik Jari.

Jika Anda ingin menambahkan data Sidik jari yang lain, silahkan ulangi tips dan cara seperti yang kami katakan diatas. Kami biasanya menggunakan satu Sidik jari saja, kerena terlalu banyak data fingerprint yang direkam, maka sensor fingerprint akan bekerja lebih berat untuk memindai sidik jari. Dan tentu saja, hal itu akan berdampak pada keawetan sensor.

Nah itu tadi cara membuat kunci ponsel Xiaomi dengan Sensor Sidik Jari. Semoga informasi artikel ini bisa membantu teman Mi Fans dalam penggunaan fitur tersebut. Terimakasih!