Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Kuota Belajar Kemendikbud Secara Gratis

Cara Mendapatkan Kuota Belajar Kemendikbud   Secara Gratis
Setiap pelajar dan tenaga pengajar berhak mendapatkan kuota gratis untuk menunjang proses belajar mengajar secara online. (Image Source: from kemendikbud.go.id) 

Kuota belajar merupakan bantuan internet gratis yang diberikan oleh kemendikbud kepada setiap siswa, mahasiswa, dan tenaga pengajar yang nama-nama dan nomor handphone nya sudah terdaftar di sistem Dapodik. 

Setiap calon penerima bantuan masing-masing akan menerima jatah kuota yang tingkat dan besarannya sudah ditentukan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 4 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021. 

Untuk peserta didik PAUD akan dijatah dengan volume kuota sebesar 7 GB per bulan, untuk peserta didik jenjang pendidikan tingkat dasar dan menengah akan memperoleh jatah volume kuota sebesar 10 GB perbulan, sementara untuk para Guru yang menjadi tenaga pengajar di sekolah PAUD, atau pendidikan dasar dan menengah akan mendapatkan jatah kuota bantuan internet sebesar 12 GB perbulan. 

Sedangkan Mahasiswa dan Dosen akan diberi bantuan kuota sebesar 15 GB perbulan. Subsidi kuota belajar gratis ini dimaksudkan untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring selama masa pandemi. 

Kuota gratis Kemendikbud ini merupakan paket internet yang dapat digunakan diseluruh jaringan (2G, 3G, 4G LTE) dengan pengecualian akses, artinya kuota belajar ini hanya dapat digunakan untuk mengakses situs dan aplikasi-aplikasi yang diperbolehkan oleh Kemendikbud saja seperti Google Classroom™, Ruangguru, Rumah belajar, Quipper, Udemy, Duolingo, Pijar sekolah, Kelas pintar, Zenius dan aplikasi e-learning lainnya. 

Ada sekitar 33 situs yang tidak dapat diakses dengan pulsa kuota belajar, antara lain:

Aplikasi medsos

1. Facebook
2. Twitter
3. Instagram
4. Snapchat
5. Bigo live
6. Bado
7. Tinder
8. Tumblr
9. Vive
10. Periscope
11. VV
12. Vkontakte
13. Pinterest

Aplikasi game

1. Mobil Legends Bang-Bang
2. Free Fire
3. Pubgm
4. Garena AOV
5. Clash of Clans
6. Clash of King
7. Fifa Mobile
8. Crisis Action
9. Candy Rush
10. Lord Mobile
11. Roblox
12. 8 Ball Poll

Aplikasi video

1. Netflix
2. Likee
3. Tiktok
4. QQ Video
5. TVU Network
6. JW Player
7. Dailymotion
8. VIU

Daftar situs dan aplikasi yang dibatasi aksesnya sewaktu-waktu dapat bertambah. Jika Anda ingin mengakses aplikasi yang dikecualikan aksesnya, kami sarankan untuk membeli paket kuota reguler dari provider masing-masing.

Cara daftar paket kuota belajar Telkomsel

Melalui MyTelkomsel atau dial USSD ke nomor *363*844# untuk mengaktifkan paket belajar 11 GB harga 5.000.

Cara daftar paket kuota belajar XL

Melalui myXL dan AXISnet atau dial USSD ke nomor *123#

Cara daftar paket kuota belajar Indosat

Melalui aplikasi myIM3 atau dial USSD ke nomor *123*075#

Cara daftar paket kuota belajar Three


Melalui aplikasi Bima+ atau dial USSD ke nomor *123*10*3#

Apabila peserta atau pengajar belum terdaftar sebagai calon penerima bantuan, maka calon penerima harus melapor ke satuan pimpinan pendidikan.

Selanjutnya pimpinan tersebut harus menggunggah surat pernyataan tanggung jawab mutlak untuk nomor baru atau nomor yang dirubah melalui laman Kemdikbud, di https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ atau https://pddikti.kemdikbud.go.id/ (untuk jenjang pendidikan tinggi.) 

Demikian cara mendapatkan kuota belajar gratis dari kemendikbud, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan semangat belajar di masa pandemi. Terimakasih dan jaga selalu kesehatan!

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Kuota Belajar Kemendikbud Secara Gratis"