Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memainkan Game PS2 di Android dengan Emulator

Cara Memainkan Game PS2 di Android dengan Emulator
Artikel ini menjelaskan tentang cara menjalankan game .iso di Android dengan Damon PS2 emulator. (Image source: from pngitem.com) 
PS2 merupakan perangkat konsol paling populer yang mampu menghipnotis anak-anak pada masa itu. Diketahui bahwa PlayStation 2 pernah merajai pasar dengan catatan penjualan terlaris sepanjang sejarah. 

Menariknya, semua game PS2 tersebut masih dapat kita mainkan dari dulu hingga sekarang. Tidak hanya dapat dimainkan di unit konsol PS2 saja, tapi juga dapat di mainkan di perangkat seluler berbasis Android. 

1. Tools pendukung game PS2 di Android

Bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan game PS2, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan beberapa tools yang dibutuhkan untuk menjalankan game PlayStation2 di Android. Tools itu diantaranya adalah emulator, file game ber esktensi .iso, dan juga bios. Untuk game .iso, Anda bisa mendapatkannya di situs penyedia ROM gratis seperti Coolrom

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan spesifikasi perangkat minimum hardware yang di perlukan agar emulator tersebut dapat dijalankan dengan lancar di Android. 

Jika perangkat Android Anda mempunyai processor cukup mumpuni untuk menjalankan game berat seperti game Pubg Mobile dan Genshin Impact, maka tidak ada salahnya mencoba memainkan game PS2 di Android. 

Namun, sebelum saya lanjut ke tutorialnya. Terlebih dahulu saya akan memperkenalkan Anda sebuah emulator gratis yang dibuat oleh pengembang aplikasi yang berasal dari negara hongkong, emulator ini bernama Damon PS2 yang bisa Anda unduh lewat toko aplikasi di Google Play. 

Menurut klaim mereka, Damon PS2 memiliki kompatibilitas tinggi sehingga emulator tersebut diklaim bisa ngejalanin lebih dari 90 persen game PS2 dengan lancar. 

Ada dua versi emulator yang mereka tawarkan, pertama yang versi gratis dan yang kedua adalah versi berbayar. Diantara kedua emulator tersebut, tentunya ada perbedaan dari segi fitur dan fungsionalitas. 

Jika Anda ingin menggunakan emulator tanpa iklan atau emulator Android yang mendukung perangkat keras seperti Gamepad. Tentu saja, Anda perlu menyiapkan uang kocek untuk membelinya. 

Selain tidak ada iklan, Damon PS2 pro juga sudah mendukung fitur rendering HD 1080p / 720p, fitur save game progress ke penyimpanan eksternal, cit kode serta fitur-fitur keren lainnya yang tidak ada di aplikasi versi gratis. 

Damon PS2 pro dibandrol dengan harga sekitar 139.999.00. Harga ini cukup murah dan ramah dikantong anak-anak sultan :D. Jadi, tunggu apa lagi, silahkan download Damon PS2 sekarang! 

Jika Anda ingin menggunakan versi yang gratis, maka Anda harus nonton iklan setiap kali ingin membuka emulator PS2. Iklan yang ditonton tersebut adalah bentuk support dan rasa terimakasih kita kepada developer. Jadi, kita harus berterimakasih kepada mereka karena sudah membuatkan aplikasi gratis untuk kita.

Secara keseluruhan, performa emulator ini cukup baik dan sangat di rekomendasikan, khususnya bagi Anda yang pengen nyoba game PS2 di hp Android dengan spesifikasi hp kentang seperti ponsel yang kami gunakan saat ini.

Sebagai contoh, disini kami menggunakan hp Redmi 9 dengan kapasitas RAM 4/64 ROM sebagai percobaan. Selama bermain game Conflict - Dessert Storm II Back to Baghdad, kami tidak menemukan kendala apapun. Performanya cukup baik dan lumayan lancar dimainin di hp dengan spek entry level kaya Redmi 9.

Lalu, Bagaimana cara menjalankan Damon PS2 di Android? Untuk caranya bisa Anda simak artikel kami dibawah. 

2. Cara Membuka ROM dan file BIOS di Damon PS2

1. Sebelum menginstal Damon PS2 emulator di perangkat Android, siapkan file game .iso dan juga bios. Jika Anda belum punya filenya, silahkan download BIOS PS2 - scph10000.bin terbaru untuk Android dibawah. Jangan lupa extract file .zip tersebut menjadi file .bin


2. Kemudian buka dan jalankan emulator Damon PS2. Tunggu beberapa saat hingga iklan reward berhasil dimuat. Silahkan tonton iklan tersebut dan jangan diskip. 

Antarmuka pengguna Damon PS2
Image source: from Damon PS2
3. Setelah emulator terbuka. Kemudian tekan "Pindai ROM" untuk memindai game apa saja yang tersimpan di media penyimpanan. Agar game PS2 dapat dimainkan dengan lancar, centang bioskop scph10000.bin. 

Untuk memainkannya, cukup klik cover game yang ada di menu file terakhir dan gunakan koin gratis untuk mulai menjalankan game PS2. Koin ini bisa didapatkan dengan cara dibeli ataupun dengan menonton iklan berdurasi 30 detik. Jika Anda pengguna pro, maka koin gratis tidak diperlukan. 

Berkut adalah tampilan antar muka Damon PS2 emulator. Terdapat bagian-bagian tombol yang menyerupai kontrol stick di konsol PlayStation aslinya. Semua tata letak tombol tersebut dapat diatur sesuai kebutuhan. Bahkan Anda juga dapat memutar layar pada mode lanskap yang nantinya dapat membuat pengalaman bermain Anda tambah seru. 

Antarmuka pengguna Damon PS2
Image source: from Damon PS2/ Conflict-Desert Storm II - Back to Baghdad

3. Settingan grafis untuk atasi lag

Jika hape terasa lag, Anda bisa pergi ke pengaturan untuk mengatur settingan grafis, audio, control dan sistem. Beberapa pengaturan grafis tidak dapat buka. Untuk meng unclok settingan secara penuh. Anda bisa membeli fitur lanjutan ("Advance Version') atau membuka fitur ("Edisi Profesional.") 

Berikut adalah perbedaannya:

Antarmuka pengguna Damon PS2
Image source: from Damon PS2
Setelah dibeli, fitur tersebut dapat terbuka secara permanen. Tidak ada biaya penagihan tambahan untuk dukungan upgrade di kemudian hari.

Nah itulah cara memainkan game PlayStation 2 di Android. Nantikan pembahasan menarik lainnya dari kami. Semoga bermanfaat dan selamat bermain! 

Posting Komentar untuk "Cara Memainkan Game PS2 di Android dengan Emulator"