Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Amankan Akun Google dari Penyalahgunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Amankan Akun Google dari Penyalahgunaan Aplikasi Pihak Ketiga
Image source: from Google

Tidak dipungkiri bahwa layanan produk yang ditawarkan oleh Google, Inc. seperti gmail menjadi hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup orang-orang modern, terutama bagi mereka yang selalu melek dengan dunia IT dan Teknologi. 

Tak hanya penting bagi mereka yang tinggal diperkotaan, masyarakat yang ada di desa pun saat ini sudah memiliki ketergantungan dengan layanan tersebut. Google telah menyediakan banyak sekali layanan gratis yang dapat kita gunakan untuk berbagai keperluan seperti gmail, meet, blogger, gdrive, google photos, maps, atau youtube. 

Mereka yang sehari-hari bekerja di internet, sudah barang tentu akun gmail yang merupakan master info dari semua layanan milik Google menjadi hal wajib dimiliki. Karena dengan adanya layanan gratis seperti ini, kita bisa mendaftarkan diri pada layanan aplikasi lain selain platform Google. 

Misalnya toko online sebut saja layanan marketplace dari Shopee, atau Tokopedia, serta layanan social media lain seperti Instagram, Tiktok, Snack video, Pinterest dan lain-lain dimana sistem dari layanan tersebut selalu meminta kita untuk memberikan informasi pribadi kepada mereka. 

Terkadang cara ini bisa dilakukan secara manual oleh pengguna, seperti mengisikan langsung identitas nama, email, no hp, & alamat ke dalam formulir registrasi yang tersedia, namun cara ini terbilang ribet dan enggak efisien karena kita harus mengisinya satu per satu. 

Agar bisa dilakukan secara cepat tanpa harus repot-repot memasukan semua data Identitas yang disebutkan diatas, maka kita memerlukan metode "autentikasi pengguna" yang sudah disediakan oleh Google, Penautan API google identity service ini dapat dilakukan dengan cara mengetuk tombol Google Sign In yang muncul di sebuah situs halaman. 

Beberapa aplikasi dari pihak ketiga juga sudah banyak yang menyediakan pilihan ini agar pengguna internet dapat masuk ke layanan mereka menggunakan akun google dengan sekali tap. Ketika Anda berkunjung pada layanan aplikasi pihak ketiga, Google akan memberikan pesan pop up untuk mengkonfirmasi apakah Anda ingin login dengan akun Google atau tidak. 

Tentu saja, cara diatas akan memudahkan Anda untuk masuk kembali ke layanan aplikasi mereka tanpa harus mengingat password dan username lagi. Karena cara ini cukup dilakukan dengan sekali klik saja, selanjutnya Anda akan otomatis login dengan akun Google yang tercatat sebelumnya. Langkah ini menjadi syarat utama agar bisa menggunakan layanan aplikasi pihak ketiga dengan mudah dan cepat.

Sayangnya, jika Anda menautkannya ke layanan aplikasi pihak ketiga yang tidak kredibel, ini akan membuka celah keamanan, karena proses sinkronisasi ini sama halnya dengan mengijinkan orang lain untuk melihat informasi dasar Anda secara bebas. Mereka akan leluasa mengetahui tanggal lahir Anda, alamat fisik, nomor handphone, serta daftar file dan kontak yang ada di google drive. 

Dan Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Nah kiranya penting bagi Anda untuk mengetahui situs dan aplikasi apa saja yang terhubung ke layanan Google saat ini, kemudian menghapus sebagian hak akses ke layanan mana saja yang menurut Anda tidak aman dan tidak bisa dipercaya.

Semua orang tahu bahwa Google merupakan perusahaan paling bonafide di dunia, mereka memiliki banyak pakar IT dan programmer yang siap bekerja dibelakang layar, bertugas untuk melindungi ekosistem google dari kerentanan akibat adanya ancaman perangkat perusak dan niat jahat para pembobol. 

Namun, celah kemananan itu tidak hanya terjadi karena faktor bugs saja, tetapi juga bisa muncul karena kecerobohan yang berasal dari penggunanya sendiri seperti pernah menautkan akun google nya ke layanan aplikasi pihak ketiga yang tidak aman dan berbahaya. 

Oleh karena itu kami disini telah membuat postingan untuk Anda tentang bagaimana cara mengetahui aplikasi dan layanan terhubung ke akun google, sekaligus membeberkan cara menghapus hak akses atas aplikasi tersebut agar nantinya Anda bisa terhindar dari penyalahgunaan.

Cara hapus hak akses aplikasi ketiga di akun google

Melalui Browser Chrome

1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi myaccount.com di aplikasi penjelajah web.
screenshot dashboard
Image source : screenshot dashboard (myaccount.google.com) 


2. Setelah akun google terbuka, silahkan gulir layar kesamping atau cari menu halaman Keamanan > Temukan aplikasi pihak ketiga dengan akses ke akun.

3. Selanjutnya klik tombol Kelola aplikasi untuk melihat daftar aplikasi mana saja yang tertaut ke akun google Anda.

4. Kemudian, pilih Hapus akses untuk memutuskan akses ke layanan.

Melalui pengaturan hp Android

1. Buka Pengaturan hp, kemudian gulir ke bawah dan cari menu Google

2. Setelah menu Google terbuka, silahkan gulir lagi layar ke bawah dan temukan menu Layanan.

3. Selanjutnya pilih menu Aplikasi yang terhubung > Semua aplikasi & perangkat. Lalu, Pilih aplikasi mana saja yang ingin Anda hapus dengan cara mengklik tombol Putuskan hubungan.

Image source: from Pengaturan ponsel (menu setting) 

Demikianlah cara menghapus hak akses aplikasi pihak ketiga dari akun google Anda. Baik lewat browser maupun di pengaturan Android. Semoga postingan diatas dapat membantu Anda mengetahui aplikasi apa saja yang terkait dengan akun Google. Terimakasih!