Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Jumlah Install Aplikasi Android

Cara Meningkatkan Jumlah Install Aplikasi Android
Artikel ini menjelaskan bagaimana cara meningkatkan visibilitas aplikasi agar mendapat unduhan banyak di Play Store.
Pada kesempatan ini kami ingin berbagi pengalaman mengenai bagaimana sih caranya meningkatkan jumlah install sebuah aplikasi Android.

Catatan:

Jika Anda seorang pengembang yang sudah pro, mungkin Anda tidak disarankan untuk membaca artikel ini, karena artikel ini hanya diperuntukan bagi publisher pemula yang baru terjun belajar tentang marketing aplikasi.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan supaya aplikasi Anda bisa memperoleh penginstallan banyak dari pengguna. Kiat yang biasa orang lakukan adalah membayar campaign iklan agar bisa menjangkau pengguna atau mempromosikan aplikasi buatan Anda langsung lewat akun sosial pribadi.


Cara Meningkatkan Jumlah Install Aplikasi Android

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk bisa meningkatkan jumlah install aplikasi Anda di Google Playstore.

1. Teknik promosi lewat layanan berbayar

Langkah pertama yang paling mudah dilakukan adalah melakukan teknik promosi lewat layanan berbayar seperti menggunakan produk yang ditawarkan oleh Google AdWords atau Facebook Ads. 

Keduanya adalah layanan paid traffic dimana Anda dapat mempromosikan produk Anda dengan mudah dalam jangkauan pengguna yang lebih luas. Dengan beriklan di layanan tersebut maka visibiltas produk aplikasi Anda di Google Playstore akan mudah ditemukan oleh orang lain tanpa perlu melakukan riset kata kunci berminggu-minggu. 

Bahkan dalam beberapa jam saja kampanye iklan Aplikasi Anda sudah bisa dilihat oleh seluruh pengguna yang berasal dari sumber traffic facebook maupun pengguna Google yang sedang berselancar di Internet.

Iklan relavan akan muncul paling atas dan akan ditampilkan kepada pengguna yang sedang menggunakan mesin pencarian milik Google atau ditampilkan kepada mereka yang sedang menonton video dari platform Youtube, membuka toko aplikasi dan property Google lainnya. 

Ketika kampanye iklan yang Anda buat mampu mencuri perhatian mereka, kemungkinan untuk mendapatkan potensi jumlah penginstallan juga tinggi. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan konsumen paling potensial di seluruh dunia, tidak hanya itu, Anda juga bisa meningkatkan pendapatan Anda lebih maksimal jika aplikasi tersebut sebelumnya telah dimonetisasi dengan jaringan Iklan cpc seperti program periklanan milik Google AdMob, Adcolony, UnityAds, Starapp dan sebagainya. 

Karena semakin banyak jumlah install, semakin banyak pengguna yang menggunakan Aplikasi yang Anda buat, ketika itu potensi klik iklan yang akan didapat juga sangatlah besar. Namun untuk menggunakan layanan ini tidaklah gratis. Anda perlu membayar sejumlah biaya atau tagihan tertentu sebelum Anda dapat memulai memasang kampanye iklan dilayanan tersebut.

2. Teknik promosi lewat layanan gratisan

Gunakan teknik gratisan dengan memanfaatkan fitur share. Jika tidak ada budget yang cukup untuk beriklan di layanan Facebook Ads atau Google Ads. Anda bisa menggunakan akun jejaring sosial pribadi Anda untuk dijadikan sarana promosi iklan secara gratis, ini bisa dijadikan campaign iklan alternatif pengganti layanan berbayar. 

Bagikanlah url aplikasi kepada teman Anda di Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Youtube, dan sebagainya. Bisa dengan cara membuat hastag populer, menambahkan caption provokatif atau ajakan yang menyuruh pengguna untuk menginstall aplikasi Anda. 

Bisa juga dengan membuat video berdurasi pendek yang mempresentasikan keunggulan aplikasi Anda serta jangan sungkan untuk meminta bintang 5 kepada teman-teman Anda di sosial media. Dengan daya tawar seperti itu maka, dapat dipastikan aplikasi buatan Anda akan dikenal oleh banyak orang di seluruh kota, negara bahkan dunia. 

Jika Anda mempunyai Fans Page (halaman) khusus dengan jumlah total follower puluhan ribu, lebih baik fans page Anda di manfaatkan untuk meningkatkan discoverable aplikasi. Bangun Audience sebanyak mungkin dan gunakan Fans Page tersebut sebagai tempat untuk mempromosikan Aplikasi buatan Anda. 

Disana Anda dapat beriklan secara gratis tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk membayar Facebook Ads. Jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada mereka yang sudah menerima ajakan install yang Anda katakan.

3. Teknik optimisasi kata kunci

Langkah ketiga, Anda bisa melakukan teknik ASO (Application Search Optimization), ialah serangkaian teknik optimisasi terhadap fitur pencarian yang ada di Google Playstore. Pada dasarnya teknik ASO adalah sama dengan teknik SEO dimana teknik tersebut dapat digunakan untuk membantu Anda mendongkrak penginstallan banyak. 

Kiat paling mudah, Anda bisa memulai teknik ini dengan cara membuat target keyword yang unik dan mudah dieja. Agar aplikasi Anda bisa muncul di querry pencarian teratas, sebaiknya jangan gunakan keyword terlalu panjang dan bertele-tele atau kata kunci yang sulit untuk dicari serta buatlah keyword singkat tapi bisa meredeskripsikan aplikasi Anda secara keseluruhan. 

Tidak ada salahnya Anda menggunakan target keyword dalam skala global, seperti mencantumkan kata-kata bahasa inggris didalam keyword. Perhatikan juga deskripsi aplikasi, ikon dan banner yang ada pada aplkasi. Buatlah ikon semenarik mungkin, unik, otentik dan berwarna terang mencolok, sehingga pengguna yang melihatnya juga bisa tertarik untuk mendownload aplikasi Anda.

Kenapa ikon itu penting?

Karena tidak dipungkiri bahwa ikon atau tampilan luar aplikasi juga berpengaruh besar terhadap keputusan pengguna untuk melakukan install atau tidak. 

Ikon dapat menjadi daya jual paling utama yang mewakili semua properti dan isi konten yang ada di dalam aplikasi Anda, Jika ikonnya dianggap kurang menarik perhatian bagi mereka maka pengguna juga tidak akan melirik aplikasi buatan Anda dan mereka akan melewatinya begitu saja. Maka dari itu tampilan aplikasi menjadi penting untuk Anda perhatikan.

4. Ciptakan aplikasi bermanfaat dan punya fungsi yang jelas

Langkah terakhir, buatlah aplikasi bermanfaat yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna sehingga tanpa di promosikan pun pengguna akan sukarela untuk mendownload.

Demikian cara bagaimana meningkatkan jumlah install aplikasi. Semoga bermanfaat ! Terimakasih dan selamat rehat.