Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Akun Google Developer Console

Cara Membuat Akun Google Developer Console
Artikel ini menjelaskan tentang tahapan pendaftaran akun Google Play Console.
Mendapatkan penghasilan di Internet dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan membuat aplikasi dan mendistribusikannya ke Google Play. Anda bisa menjual langsung dengan melabeli aplikasi berbayar ataupun menjadikannya dalam versi gratis. 

Ketika ada orang yang tertarik dengan aplikasi berbayar Anda, mereka dapat membelinya menggunakan metode pembayaran yang disediakan. Seperti menggunakan pulsa, Kartu Kredit atau melalui cara "Top up" saldo Google Play di minimarket (Alfamart/ atau Indomart).

Ketika ada transaksi penjualan yang berhasil masuk serta tidak ada tindakan 'refund' dari pengguna, maka hasil penjualan itu akan dibayarkan kepada Anda sesuai template harga yang dipasang. Hanya saja, Anda akan dikenakan pajak 10% dari harga jual, pajak ini berlaku untuk semua Developer Android yang tinggal di negara Indonesia (pajak tiap negara berbeda-beda). 

Apabila Anda sudah mencapai ambang batas pembayaran saldo dengan minimal USD $1, maka penghasilan yang diterima akan dibayarkan kepada Anda rutin tiap bulan dan akan ditransfer langsung ke rekening yang sudah Anda tautkan sebelumnya. 

Berikut ini adalah contoh bukti notifikasi pembayaran dari Google Payments yang berhasil kami terima pada tanggal 23 September 2021. Pesan email ini menerangkan bahwa pihak Google LLC telah mengirimkan pembayaran kepada rekening bank untuk penghasilan aplikasi kami di Google Play. 


Sementara untuk aplikasi yang dilabeli gratis, Anda bisa memperoleh penghasilan dari berbagai iklan dan sponsor. Seperti iklan AdMob, AdColony, Starrap, UnityAds, Facebook Audiens Newtork dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah contoh penghasilan android yang diperoleh lewat iklan di jaringan AdMob. 


Karena potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini begitu besar, maka tidak heran jika sekarang ini banyak sekali orang-orang yang mendedikasikan hidupnya untuk menjadi pengembang Android. 

Sebelum Anda bisa menghasilkan uang dari iklan sponsor, atau memperoleh penghasilan dari aplikasi yang dijual dengan pemotongan pulsa, terlebih dulu Anda harus mendaftarkan diri pada halaman situs pengembang Android di Google Play Console. 

Namun, saat ini masih banyak dari kita yang belum mengetahui cara membuat akun Pengembang android di halaman Google Play Console. Oleh karena itu kami akan berbagi tutorial kepada Anda tentang gimana sih caranya bikin akun developer Google Play itu. Sebab, syarat utama untuk mengupload aplikasi android ke Google Play, tentu saja Anda harus sudah memiliki akun developer  Google Play aktif dulu. 

Tetapi, sebelum lanjut kepada pembahasan dan tutorial, Anda perlu mengetahui tools dan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuat akun pengembang di situs Google Play Console.

Tools yang diperlukan untuk membuat akun godev, antara lain: 

Perangkat komputer, E-mail aktif, Kartu Kredit/VCC/atau VCN. Jika tidak ada komputer boleh menggunakan Smartphone. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan koneksi internet yang stabil dan scan KTP asli untuk keperluan verifikasi Identitas akun Google Developer nanti.

Langkah Membuat Akun Developer pada Google Play Store

1. Pertama, buka browser Chrome dan navigasi ke situs https://play.google.com/console/signup, lalu klik tombol "Login" menggunakan email dan kata sandi Anda yang masih aktif. Nantinya alamat email ini akan ditautkan ke akun Google Play Console yang telah Anda buat tadi.


2. Setelah itu, Anda akan dibawa pada halaman dimana Anda diwajibkan untuk mencentang 'checkbox' perjanjian distribusi pengembang bertuliskan kata-kata "Saya telah setuju dan bersedia mengaitkan pendaftaran akun saya dengan Perjanjian Distribusi Developer.Google Play, dan mengonfirmasi saya berusia minimal 18 Tahun. Jangan lupa centang 'checkbok' kedua dan konfirmasi bahwa Anda telah membaca Persyaratan Layanan Konsolidasi Google Play



Jika Anda telah menyetujui isi perjanjian diatas, silahkan klik tombol "Buat akun dan bayar".

3. Masukan informasi Kartu Kredit atau Debit Anda dengan benar. Pada saat Anda memasukan info CC (Credit Card) atau data perbankan seperti Nomor Kartu, Nama Pemegang Kartu, Bulan, Tahun, no CVC dan Alamat, pastikan Anda tidak memberikan informasi yang keliru. CC atau Kartu Kredit harus valid dan terdapat saldo cukup serta gunakan Kartu Kredit atas nama Anda sendiri dan alamat penagihan sesuai identitas yang ada di KTP.

4. Setelah itu, klik tombol "Beli" untuk memulai proses pembayaran. Tunggu beberapa saat hingga kemudian muncul pesan dialog yang menyatakan pembayaran Anda telah selesai dilakukan. Anda hanya akan dikenakan charge sebesar 25 dollar sekali saja. Tidak ada biaya 'renewal' seperti halnya pendaftaran akun Apple Developer dimana pengembang aplikasi iOS diwajibkan membayar biaya perpanjangan tahunan sebesar 100 dollar. Pembayaran akun Godev ini berbeda dan hanya dibayar sekali seumur hidup.

5. Langkah berikutnya Anda akan diminta untuk memasukan informasi tambahan seperti memasukan Nama Pengembang, Alamat Surel, Alamat Website, No Handphone dan E-mail preferensi. Untuk memudahkan verifikasi, lengkapi informasi tersebut secara benar serta gunakanlah nama yang sama sesuai identitas resmi yang tercantum di KTP dan data di CC perbankan Anda. Lalu verifikasikan Identitas Anda dengan cara klik tombol "Verifikasi Id" menggunakan scan KTP/SIM/ atau Passport. Proses verifikasi ini akan berlangsung selama 1x24 jam. Tetapi berdasarkan pengalaman kami pada saat mendaftar, kami hanya menunggu waktu 5 menit sampai verifikasi dinyatakan berhasil.

Berikut ini adalah bukti pembelian registrasi akun Developer kami pada hari rabu tanggal 8 April 2020 dengan sub total biaya sebesar USD $25,00. Untuk melihat rincian transaksi ini, Anda bisa menemukannya di halaman pusat pembayaran atau melalui url pay.google.com.


Catatan:

- Pastikan scan KTP yang Anda upload masih berlaku, tidak buram, tidak ada pantulan cahaya, tidak terpotong, dan data harus terbaca dengan jelas.

- Jangan menggunakan identitas KTP yang berbeda dari profil pembayaran. Sebaiknya gunakanlah nama yang sama dengan nama yang Anda cantumkan di profil Pembayaran.

- Jangan menggunakan KTP yang sudah pernah didaftarkan ke akun Google Developer sebelumnya.

- Scan KTP harus bentuk asli, yang diterbitkan oleh otoritas resmi Pejabat Negara Anda dan bukan merupakan fotocopy.

6. Selanjutnya Anda tinggal menunggu email balasan dari "noreply@google.com" yang menyatakan verifikasi Identitas sudah berhasil diverifikasi. Seperti yang dapat Anda dilihat di gambar berikut.

7. Pada tahap ini, proses pendaftaran telah berhasil dilakukan dan sekarang Anda sudah mempunyai akses akun ke Google Play Console. Ketika login kembali menggunakan akun Godev, Anda sudah bisa melihat halaman dasboard dan langsung bisa mendistribusikan aplikasi pertama Anda disana.

QA (Question & Answer):

Q: Bagaiaman cara daftar Developer Google Play gratis?

A: Pendaftaran ini tidaklah gratis, Anda perlu membayar biaya layanan sebesar 25 dollar (menyesuaikan dengan nilai kurs).

Q: Bagaimana cara daftar Developer Google Play tanpa Kartu kredit?

A: Jika Anda tidak mempunyai Kartu Kredit, Anda bisa menggunakan VCC/VCN yang bisa Anda beli dari pihak ketiga, VCC ini mempunyai fungsi yang sama dengan Kartu Kredit dimana Anda dapat melakukan pembelian barang secara online. Tetapi Anda juga bisa membuat VCC sendiri dengan Kartu Debit, untuk mengetahui bagaimana cara membuat VCC sendiri dengan Kartu Debit. Silahkan Anda membaca artikel kami yang lama yang membahas tentang cara daftar akun godev dengan VCC (Virtual Credit Card).

Q: Bagaimana jika tidak mempunyai KTP untuk mendaftar akun Google Developer Console?

A: Jika Anda pelajar belum mempunyai KTP, Anda bisa meminjam KTP milik orang tua atau saudara. Karena seperti yang dinyatakan dalam Kebijakan Perjanjian Distribusi Google Play bahwa yang menjadi syarat pendaftaran godev adalah memiki KTP dan mewajibkan developer berusia minimal 18 Tahun.

Q: Apakah Nama Developer dapat dirubah?

A: Meskipun pada saat pendaftaran Anda mencantumkan Nama Developer sesuai KTP asli, tetapi Anda bisa mengubahnya kembali setelah akun godev Anda berhasil di verifikasi dan sudah dalam keadaan aktif.

Q: Bagaimana daftar akun Developer Google Play lewat Hp?

A: Untuk kelancaran pembayaran, sebaiknya gunakan Komputer/Laptop.

Demikianlah cara daftar akun Google Developer Console dengan mudah. Terimakasih sudah mengunjungi situs kami dan salam sukses dan di postingan berikutnya, kami akan membahas lagi bagaimana cara upload aplikasi ke Google Play secara rinci dari penyiapan awal aplikasi sampai tahap publish. Ikuti terus update artikel kami ya :)

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Akun Google Developer Console"