Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Iklan Bersponsor di Facebook Ads dengan Mudah

Cara Membuat Iklan Bersponsor di Facebook Ads dengan Mudah
Image source: PixaBay
Facebook Ads adalah layanan khusus yang ditawarkan oleh perusahaan facebook kepada pengiklan untuk mempromosikan keberadaan produk mereka pada suatu palftorm bisnis yang disediakan Facebook.

Facebook sendiri merupakan aplikasi jejaring sosial paling besar dan populer yang memiliki lebih dari 5 milyar pengguna di seluruh dunia. Jadi, tidak heran jika sekarang ini facebook disebut sebagai tempat paling potensial untuk beriklan. 

Dengan beriklan di fb ads, maka peluang untuk mendapatkan audiens tertarget sangatlah tinggi. Sebab jejaring facebook sudah dianggap sebagai wadah komunitas terbesar yang bisa menghubungkan antara pengiklan dan calon konsumen. 

Namun sebelum dapat memulai kampanye iklan. Para pengiklan harus mempunyai halaman fanspage terlebih dulu guna memperoleh follower yang akan menjadi calon konsumen mereka.

Lalu, bagaimana cara membuat iklan promosi di facebook, untuk mengetahui caranya yuk kita simak!

Cara Beriklan di Facebook Ads

1. Buat halaman Fanspage

Kami asumsikan Anda sudah mempunyai fanspage. Jika Anda sudah mempunyai halaman fanspage, Anda bisa langsung pergi ke tab "Facebook Ads Manager", atau "Bisnis Manager". Jika belum punya silahkan untuk membuat akun fanspage terlebih dahulu.

2. Tetapkan tujuan pemasaran/target iklan

Setelah itu, login pada halaman Facebook Ads Manager, lalu klik tab Campaign > klik Create untuk menyiapkan kampanye iklan pertama Anda. Ada 11 jenis target pemasaran yang bisa Anda pilih, diantaranya : Brand awareness, Reach,Traffic, Engagement, App installs, Video views, Lead generation, Messages, Conversions, Catalog sales, Store traffic. 

Pilih opsi target pemasaran iklan diatas berdasarkan perencanaan dan tujuan bisnis yang Anda buat. Anda bisa membayar per Action untuk setiap pemasaran iklan yang berbasis konversi (penjualan berbentuk barang), tetapi Anda juga bisa membayar per Impression jika target pemasaran iklan yang dipilih adalah jenis iklan berbasis exposure seperti traffic atau view.

3. Buat nama kampanye Iklan

Silahkan gulir halaman Anda ke bawah untuk menamai kampanye iklan, jika Anda hendak mengaktifkan A/B split test, silahkan pilih opsi ini. Pada tahap ini Anda perlu memilih tujuan pemasaran (engagement), pilih sesuai fokus bisnis Anda apakah akan fokus di post engagement, page like atau event responses.

4. Atur akun iklan Anda

Jika Anda pertama kalinya menggunakan Facebook Ads, klik tombol "Set Up Ad Account". Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi rincian data, Masukan informasi yang dibutuhkan untuk membuat akun meliputi rincian data Negara dimana Anda berasal, Mata Uang, dan Zona waktu. Lalu klik tombol Continue untuk melanjutkan.

5. Pilih target Audiens

Langkah berikutnya adalah memilih page mana yang ingn Anda promosikan, gulir ke bawah untuk membangun segmen audiens, pilih target lokasi, usia, jenis kelamin dan bahasa. Pada saat memilih target audiens, pertimbangkan untuk melihat indikator ukuran audiens yang terletak di sisi kanan halaman, hal ini dapat membantu Anda untuk memperoleh bayangan tentang potensi jangkauan iklan di masa depan. 

Selanjutnya, Anda bisa melakukan penargetan secara rinci. Anda bisa memilih audiens yang lebih spesifik dengan cara menargetkan atau mengecualikan pengguna berdasarkan demografi, minat dan perilaku yang ada pada kolom "Detailed Targeting". Sementara itu, di kolom Connection Anda bisa menargetkan atau mengecualikan setiap pengguna yang memilki hubungan dengan halaman Facebook bisnis dan aplikasi event yang Anda kelola.

6. Pilih lokasi dimana iklan akan ditempatkan

Setelah Anda memilih target audiens, gulir halaman ke bawah untuk menampilkan iklan tersebut atau pilih opsi "Automatic Placement". Dengan memilih penempatan iklan otomatis, maka kampanye iklan Anda akan ditempatkan otomatis di seluruh property milik Facebook, inc. Seperti Instagram, Facebook Messenger, Audience Network secara optimal.

7. Atur Anggaran dan jadwal pembayaran

Facebook tidak pernah mematok harga, jadi Anda bisa membayar kampanye iklan bergantung kemampuan finansial, anggaran atau budget Anda. Anda bisa merencanakan jadwal kapan Anda akan membayar dan berapa banyak budget uang yang akan Anda bayarkan untuk setiap iklan tersebut, apakah akan memilih budget harian?, atau memilih budget seumur hidup serta menentukan jadwal berakhirnya kampanye iklan yang ditayangkan. Jika tahap ini telah selesai dilakukan, silahkan klik tombol Continue untuk melanjutkan.

8. Memilih format iklan yang tepat

Langkah terakhir adalah menentukan format iklan yang akan dibuat, lalu masukan teks beserta komponen media yang diperlukan. Pilihan format iklan yang muncul bergantung target pemasaran iklan yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Untuk memastikan iklan berjalan dengan baik, gunakan fitur preview yang berada di bagian bawah halaman. Jika tampilan iklan dirasa sudah menarik dan sesuai apa yang diharapkan. Silahkan klik tombol Confirm untuk memulai order iklan dan tunggu email balasan dari Facebook yang menyatakan bahwa order iklan Anda sudah diterima.

Demikianlah cara bagaimana beriklan di facebook ads, terimakasih dan salam sukses.