Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Akun Google AdWords

Cara Membuat Akun Google AdWords
Image source: from Pixabay
Google AdWords disingkat Google Ads adalah platform paid traffic yang diperkenalkan oleh Google, Inc. guna mempermudah pengiklan untuk menemukan calon konsumen paling potensial dalam jangkauan yang lebih luas. 

Pengiklan (Advertiser) dapat melakukan pemasangan campaign iklan pertama mereka diseluruh property milik Google, seperti Google Search Network, Youtube, Google Display, Google Play Servis dsb. Beriklan di Google Ads terbilang sangat cepat, dalam beberapa jam saja iklan yang Anda buat sudah bisa di tayangkan kepada pengguna Google tertarget di seluruh dunia dan akan menyesuaikan terhadap minat pengguna, tingkat kecocokan, serta relevansi konten dari si penayang (Publisher). 

Cara Membuat Akun Google AdWords
ilustrasi iklan Google AdWords
Teknologi cerdas milik Google Ads ini akan membantu Anda menemukan calon pelanggan yang tepat. Untuk itu kami menyarankan agar Anda membuat akun terlebih dahulu, meskipun Anda belum ada niat mengeluarkan sejumlah uang untuk beriklan di Google Ads.

Cara Membuat Akun Google AdWords

1. Pertama, klik https://adwords.google.com, kemudian Anda akan diarahkan pada laman pendaftaran awal. Setelah laman itu muncul, klik tombol hijau "Start Now" yang terletak di sebelah kiri bagian bawah.

2. Setelah itu klik tombol "I Agree". Lalu akan muncul tampilan halaman berikutnya. Klik link tulisan "Skip the guided setup" untuk melewati proses pembuatan kampanye iklan pertama Anda.

3. Berikutnya Anda akan diminta untuk mengisikan alamat akun Gmail yang masih aktif, Negara, Zona Waktu dan Mata uang. Masukan alamat Gmail yang belum pernah digunakan untuk membuat akun AdWords sebelumnya. Pada saat mengisi form currency, sebaiknya gunakan rupiah sebagai Mata Uang pilihan Anda, pilih Negara dimana Anda berada (Indonesia) dan pilih zona waktu jakarta. Setelah form terisi dengan benar klik tombol "save and continue" untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Catatan: Jika Anda menggunakan alamat Gmail yang pernah terdaftar di Google Ads sebelumnya maka, Google AdWords akan menampilkan tampilan pesan seperti berikut:

This email is already associated with an AdWords account. To create a new account, enter a different email address. To sign in to your existing account, click “Continue”.

4. Langkah terakhir adalah login menggunakan akun gmail yang Anda daftarkan pada saat mengisi informasi di langkah 3 diatas. Isikan alamat surel dan password dengan benar. Tunggu beberapa saat hingga kemudian muncul halaman All Campaign > Overview yang menunjukan bahwa proses pembuatan Akun Google Ads selesai dilakukan.

Pada tahap ini Anda sudah siap memasang iklan di Google, Anda juga dapat mengakses fitur Google Keyword Planner untuk melakukan riset kata kunci. Selanjutnya Anda tinggal mengatur sistem pembsayaran seperti kartu kredit atau transfer bank untuk bisa memulai kampanye iklan pertama Anda.

Cara buat iklan penelusuran di AdWords

1. Pertama silahkan navigasi ke tab Ringkasan yang terletak di sebelah kiri atas halaman dasbor Google AdWords, pada tab Ringkasan pilih menu "KAMPANYE BARU".

2. Selanjutnya, pilih sasaran yang menentukan gambaran kampanye Anda seperti apa. Saat memilih sasaran, Anda akan melihat kampanye yang direkomendasikan. Setiap kampanye hanya dapat menggunakan satu sasaran. Perhatikan bahwa sasaran yang dipilih ini harus menjadi hal utama yang perlu Anda capai dalam bisnis. 

Seperti terlihat di gambar, Anda bisa memilih sasaran penjualan, prospek, traffic situs, pertimbangan produk dan merk, brand awareness dan jangkauan, promosi aplikasi, promosi dan kunjungan toko lokal, atau membuat kampanye tanpa panduan dan sasaran. 

Misalnya, jika Anda memilih traffic situs, maka Anda akan melihat berbagai jenis kampanye iklan yang direkomendasikan seperti apakah iklan tersebut akan ditampilkan dalam bentuk teks di hasil penelusuran, iklan display yang ada pada tampilan blog, iklan shopping berbentuk promosi, iklan yang tampil pada konten video di Youtube ataupun iklan discovery yang dapat berjalan di seluruh platform google seperti gmail, discover, dan yang lainnya. 

3. Jika Anda menginginkan iklan itu tampil pada halaman penelusuran, silahkan pilih  Penelusuran > Pilih cara Anda ingin mencapai sasaran. Lalu, masukan nama situs bisnis pada kolom yang disediakan > buat Tindakan konversi > buat Nama kampanye. Selanjutnya klik tombol Lanjut untuk memulai penyiapan. 

4. Setelah itu, Anda akan diarahkan pada halaman anggaran dan bidding. Silahkan tetapkan anggaran harian untuk kampanye iklan yang telah Anda buat tadi. Sebagai contoh, Anda bisa mengisinya satu juta rupiah. Lalu, buat bidding dan metrik serta pilih apa yang ingin Anda fokuskan. Apakah Anda ingin memilih konversi, nilai konversi, klik, atau pangsa tayangan. Jika sudah selesai klik tombol berikutnya. 

5. Langkah berikutnya adalah menentukan setelan dan kampanye untuk menjangkau orang yang tepat. Di halaman ini, Anda bisa menentukan lokasi atau negara, bahasa, dan segmen audience. Lalu, klik tombol berikutnya untuk melanjutkan. 

6. Di halaman ini, silahkan buat kata kunci dan frasa. Anda bisa membuat kata kunci satu kata, satu frasa per baris. Kata kunci ini adalah frasa yang digunakan untuk mencocokkan iklan Anda dengan istilah yang ditelusuri oleh orang-orang di mesin telusur Google. Klik tombol berikutnya untuk melanjutkan. 

7. Membuat ekstensi link untuk mendorong tindakan bernilai dari pelanggan dengan menambahkan informasi penting mengenai bisnis Anda. Tambahkan minimum 2 ekstensi link pada kolom isian yang telah disediakan. 

8. Terakhir tinjau kampanye iklan. Sebelum menayangkan iklan, harap periksa ulang informasi Anda secara detail. Seperti meninjau nama kampanye, jenis kampanye, tujuan, anggaran, bidding, setelan kampanye, jaringan, lokasi, bahasa, audience, kata kunci iklan dan yang lainnya. Selesai! 

Pada tahap ini kampanye iklan Anda sudah berhasil dibuat. Untuk melakukan pembayaran kampanye iklan silahkan lakukan top up saldo Google AdWords dengan cara mengunjungi menu Billing. Disana Anda dapat menggunakan opsi kartu kredit atau debit sebagai metode pembayaran Google ads. 

Demikianlah cara daftar akun Google Ads dengan mudah, terimakasih sudah membaca dan salam sukses.