Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Akun PayPal Tanpa Kartu Kredit

Cara Membuat Akun PayPal Tanpa Kartu Kredit
image source: from Freepik
Bagi Anda yang menggeluti bidang bisnis secara online, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya PayPal. Ya, PayPal merupakan sebuah jasa layanan transfer uang paling populer di dunia yang bisa kita gunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online. 

Seperti halnya pengiriman uang, berbelanja online, atau dijadikan sebagai alat untuk menerima pembayaran dari luar negeri. PayPal memiliki sistem keamanan yang baik dan sudah dijadikan standar pembayaran Internasional. 

Layanan ini hadir menggantikan cara lama dalam melakukan transaksi pengiriman uang, seperti halnya cek dan wesel yang masih menggunakan media kertas atau surat. Perusahan ini didirikan oleh Elon Musk pada bulan maret 1999 sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa perencanaan keuanggan dan memiliki pusat kantor di University Avenue, Palo Alto, California, Amerika Serikat. 

Jika Anda seorang internet marketer mungkin menggunakan layanan PayPal adalah wajib. Selain diklaim aman metode pembayaran ini juga memiliki user interface yang mudah untuk digunakan. Lalu, Bagaimana cara membuat akun PayPal baru? Untuk mengetahui caranya, yuk kita simak.

Cara daftar akun PayPal

1. Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membuka halaman https://www.paypal.com/id/home pada address bar. Lalu klik tombol Daftar Sekarang. 

Tunggu beberapa saat hingga kemudian muncul halaman dimana Anda harus menentukan jenis rekening PayPal yang akan Anda gunakan nanti. Ada dua jenis rekening yang ditawarkan pihak PayPal, pertama akun pribadi yang kedua adalah akun bisnis.


2. Kemudian bacalah tentang perbedaan antara kedua jenis rekening 
tersebut. Rekening pribadi memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran PayPal dari sumber manapun di seluruh dunia, termasuk mengirim uang kepada penjual secara aman. 

Sementara rekening bisnis dapat digunakan untuk melakukan transaksi keuangan berdasarkan nama usaha Anda di Internet. Kelebihan lain dari rekening bisnis adalah bebas biaya setup dan bulanan. Termasuk perlindungan ekstra kepada penjual selama 24 jam / 7 hari. Lalu, klik tombol "Berikutnya" untuk melanjutkan ke tahap pendaftaran.


Jika Anda memilih jenis rekening pribadi, maka Anda harus menentukan sub-jenis rekening berikutnya, serta untuk apakah akun PayPal itu akan digunakan. Anda bisa mencentang salah satu dari 4 opsi subjenis rekening yang muncul.


3. Langkah selanjutnya adalah menambahkan nomor telpon seluler pada akun rekening yang sudah dibuat tadi. Nomor HP ini akan digunakan untuk memverifikasi identitas Anda di PayPal. Konfirmasikan nomor HP Anda menggunakan kode keamanan enam digit yang diterima dari SMS otomatis. 


4. Setelah itu, masukan kode tersebut ke dalam kotak isian. Perhatikan bahwa kode keamanan ini akan kadaluwarsa dalam waktu 10 menit. 


5. Kemudian atur profil Anda secara akurat. Ma
sukkan alamat email, nama depan, nama belakang dan kata sandi. Lalu, klik tombol Berikutnya. Perhatikan bahwa PayPal hanya mengizinkan pengguna menggunakan password hingga 8 - 20 digit. 


6. Tunggu beberapa saat hingga kemudian muncul halaman formulir data dimana Anda diwajibkan 
mengisi informasi alamat yang tercantum dalam tagihan Anda, jenis tanda pengenal yang dimiliki, nomor KTP, tanggal lahir, kewarganegaraan, kota, provinsi, kode pos, baris alamat dan sebagainya. 

7. Kemudian centang "checkbox" pertama Aktifkan One Touch™ dan "checkbox" Kedua bertuliskan kata-kata Saya setuju untuk mematuhi Kesepakatan Pengguna dan Pernyataan Privasi PayPal. Jika sudah, silahkan klik tombol "Setuju dan Buat Rekening.'


Tinjau Kesepakatan Pengguna disini https://www.paypal.com/webapps/mpp/ua/useragreement-full dan Pernyataan Privasi PayPal disini https://www.paypal.com/webapps/mpp/ua/privacy-full.

5. Terakhir saya ucapkan selamat! Akun PayPal Anda telah berhasil dibuat. Kini Anda dapat menambahkan kartu kredit atau kartu debit untuk mulai berbelanja dan mengirim pembayaran antara rekening. 

Membuat akun PayPal untuk bisnis

Untuk membuat akun rekening PayPal untuk bisnis. Sebetulnya tidak jauh beda dengan cara membuat akun pribadi. Jika Anda berniat ingi mengubah akun PayPal pribadi ke bisnis. Anda bisa pergi ke menu Settings > Ubah jenis rekening ke Bisnis

1. Berikan informasi bisnis Anda dengan cara menetukan jenis bisnis yang sesuai dengan perusahaan Anda, bisa individu, kemitraan, korporasi, perusahaan swasta, orgnisasi non profit dsb.

2. Masukkan alamat email, buat sandi dengan kombinasi huruf kapital dan kecil. 

3. Masukkan nama perusahaan yang diinginkan, kontak bisnis, perincian bisnis, nomor dan alamat kantor, serta mata uang pilihan. Untuk informasi nama, Anda bisa menggunakan nama sendiri sesuai KTP atau nama perusahaan terdaftar di negara Anda.

4. Jangan lupa untuk mencentang "checkbox"  kesepakatan penggunaan dan pernyataan privasi. Klik tombol Setuju dan Lanjutkan. Selesai! 

Cara verifikasi email PayPal

Jika akun PayPal sudah berhasil dibuat, Anda perlu mengkonfirmasi data diri dengan cara mengklik tautan konfirmasi. Untuk menemukannya Anda bisa langsung membuka email atau pesan masuk. Kemudian cari pesan email yang dikirim pihak PayPal. Klik tautan untuk mengkonfirmasi akun Paypal yang telah Anda buat. 

Bagaimana menghubungkan akun rekening bank ke akun PayPal?

1. Buka situs www.paypal.com. Masukkan alamat email dan kata sandi Anda, lalu klik Tombol "Masuk."

2. Arahkan ke bagian "Profil" di pojok atas halaman, lalu klik "Perbarui Rekening Bank."

3. Pilih jenis akun Anda. Masukkan nomor akun dan nomor perusahaan sembilan digit di bidang yang sesuai. Nomor akun biasanya hingga 17 digit. Cari nomor perutean di sisi kiri cek dari bank Anda. Temukan nomor rekening yang tercetak di sisi sebelah kanan cek.

4. Klik "Lanjutkan" untuk menautkan akun ke akun PayPal Anda. Jika anda memutuskan untuk menambahkan kartu kredit ke akun PayPal Anda, arahkan ke bagian "Profil" dan klik "Perbarui Kartu."

Catatan :

Anda tidak dapat menggunakan akun PayPal untuk melakukan pembelian sebelum Anda menambahkan informasi kartu kredit yang Anda miliki. Namun, Anda masih bisa menerima pembayaran tanpa harus menghubungkan akun bank Anda.

Demikian postingan yang bisa kami bagikan kali ini semoga bermanfaat dan terimaksih telah berkunjung di web kami. Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan untuk mengirimi kami email atau dengan memberi komentar dibawah.