Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog di Blogspot untuk Pemula

Cara Membuat Blog di Blogspot untuk Pemula
from Pixabay
Banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari aktifitas Blogging. Dengan blogging Anda bisa menuangkan ide-ide kreatif Anda kedalam bentuk tulisan seperti halnya berbagi informasi, sharing pengalaman, mengekspresikan apa yang Anda fikirkan, ataupun sekedar membuat arsip foto pribadi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan blog sebagai media untuk berbisnis dan menjual barang (produk) secara online. Promosikan jasa dan layanan Anda melalui blog untuk dapat menjangkau pelanggan di berbagai belahan benua di dunia.

Pada postingan kali ini kami akan membagikan sebuah tutorial mengenai bagaimana cara membuat blog dengan menggunakan platform Blogger. Berikut adalah langkah - langkah bagaimana cara membuat blog gratis melalui blogspot cms (content management system). Untuk lebih jelasnya bisa Anda simak uraian kami dibawah.

Cara buat blog gratis di blogger.com

1. Untuk membuat blog tidaklah rumit. Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membuka situs www.blogger.com pada addres bar. Kemudian klik tombol Create Your Blog.

2. Bila Anda telah memiliki akun email aktip. Silahkan masukan alamat email Anda di halaman login. Lalu klik tombol Berikutnya.

3. Untuk melanjutkan pendaftaran. Silahkan masukan password Anda dengan benar, kemudian klik tombol Berikutnya.

4. Untuk terhubung ke Blogger. Silahkan konfirmasikan akun gmail Anda terlebih dulu dengan cara mengklik tombol Lanjutkan ke Blogger.

5. Setelah itu, klik tombol buat blog baru. Tunggu beberapa saat hingga pemuatan halaman selesai.

6. Pada saat tampilan dasboard muncul. Silahkan tentukan judul dan alamat blog yang Anda inginkan. Misal blognya Anda beri judul RUBRIKPULSA - informasi seputar teknologi, komputer, pengajaran dan gaya hidup. 

Alamatnya Anda namai rubrik-pulsa.blogspot.com, kemudian Tema yang dipilih adalah default theme, tema ini sifatnya opsional, silahkan pilih tema sesuai topik blog yang Anda buat. Jika blog Anda mengulas tentang teknologi, gunakan tema yang memiliki tampilan kekinian dan modern. Jika blognya mengulas tentang saham dan investasi, gunakan tema berwarna terang dan segar. Lalu klik tombol buat blog untuk membuat blog pertama Anda.

7. Pada tahap ini blog baru Anda telah selesai dibuat. Dan berikut adalah tampilan dashboard atau tampilan menu utama yang ada pada Blogger.com





Keterangan :

⚫ Postingan Baru : pintasan menu untuk membuat artikel baru

⚫Postingan : menampilkan jumlah postingan atau konten artikel yang telah di buat. Baik yang disimpan di draft atau yang telah dipublikasikan.

⚫Statistik : halaman ini akan menampilkan statistik jumlah penayangan, jumlah visitor, traffic atau lalu lintas pengunjung dari hari ke hari, minggu ke minggu, dan bulan ke bulan secara akurat.

⚫Komentar : menampilkan komentar yang terbaru pada postingan. Jika pengguna memberikan tanggapan maka, komentar mereka akan muncul di halaman ini.

⚫Penghasilan : menu untuk menampilkan pengaturan tata letak iklan Adsense. Anda dapat mendaftarkan diri pada program Adsense di halaman ini.

⚫Halaman : menampilkan jumlah halaman statis. Biasanya blogger menggunakan halaman ini untuk membuat halaman about, kontak, disclaimer, kebijakan privasi dan yang lainnya.

⚫Tata Letak : halaman ini akan menampilkan letak widget yang bisa Anda kostumisasi secara manual. Tambahkan gambar, widget pendukung, formulir kontak, dan sebagainya.

⚫Tema : menampilkan tema - tema blogger gratis yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik blog yang telah dibuat.

⚫Setelan : menampilkan setelan dasar atau lanjutan seperti preferensi penelusuran, update informasi akun dan lain-lain.

⚫Daftar Bacaan: menampilakan daftar bacaan blog favorite yang Anda tambahkan sebelumnya. 

⚫Lihat Blog: Sebuah fitur untuk menampilkam halaman situs dalam mode sebenarnya. Setiap traffic yang masuk akan dihitung sebagai traffic social. 

8. Setelah Anda mengenal fungsi menu satu persatu diatas, selanjutnya Anda tinggal langsung menulis konten dengan cara mengetuk menu Postingan, lalu klik tombol Entri Baru. Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman yang mirip editor pengolah kata seperti microsoft word dimana Anda dapat mengetikan teks dan membuat paragraf disana. 

Anda dapat mengaktifkan mode tulisan untuk menulis teks normal atau mengaktifkan mode html untuk menuliskan teks gaya html atau syntaks khusus seperti kode html, css, dan javascript. Disini Anda dapat memukan form untuk membuat judul, form ini terletak dibagian atas. Sementara form yang ada dibagian bawahnya adalah form untuk mengetikan paragraf dan baris kalimat (konten), form ini di ibaratkan sebuah kertas yang masih kosong. Anda dapat menuliskan artikelnya disini.

Selain itu ada menu formatting toolbar yang berguna untuk melakukan pemformatan konten, untuk mempercantik blog agar terlihat menarik dan rapi seperti mengatur ukuran huruf, jarak tepi halaman, mengubah jenis font, meratakan teks dengan fitur justify, mempertebal huruf (bold), memiringkan teks (italic), membuat underline teks, membuat tabel, kolom, diagram, menerapkan warna latar, menyisipkan gambar, video singkat, gif, animasi, membuat hyperlink, url dan lain sebagainya. 

Ada dapat menemukan menu toolbar ini diantara form judul dan postingan. Disamping sebelah kanan, Anda dapat melihat Setelan Entri untuk mengubah label, deskripsi, permalink dan penelusuran. Setelan ini berguna untuk meningkatkan visibilitas artikel di mesin pencarian. Jika artikel Anda sudah dinyatakan rampung, silahkan tekan tombol Terbitkan agar artikel Anda bisa ditemukan oleh pengguna Internet di dunia.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog kami. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan untuk mengirimi kami email. Dengan senang hati kami akan membalas pesan Anda. Sampai ketemu dipostingan berikutnya :)