Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Akun Google Play Book secara Gratis

Cara Membuat Akun Google Play Book secara Gratis
Image source: from Google Play Book
Google Play Book adalah program pemasaran e-book yang memungkinkan penulis atau penerbit menjual buku mereka secara online. Ketika Anda menjual buku di Google Play Book, buku itu akan ditemukan oleh pengguna Google di seluruh dunia dan mereka akan menemukan buku Anda di https://books.google.com

Cara Membuat Akun Google Play Book

1. Pertama, buka url https://play.google.com/books/publish di address bar atau Navigasikan ke halaman Pusat Mitra Buku Google Play Book tunggu beberapa saat hingga kemudian muncul halaman Beranda.


2. Selanjutnya klik tombol "Get Started" di halaman beranda untuk memulai pendaftaran, tetapi jika pendaftaran sudah ditutup silahkan isi formulir ketertarikan online yang menyatakan partisipasi dan minat Anda untuk bergabung di program Mitra Google Play Buku, Anda dapat menemukan formulir online tersebut di url berikut. https://support.google.com/books/partner/contact/playbooks_partner_program_interest_form

3. Daftarkan diri Anda ke produk Google Play Buku dengan cara login mengunakan akun Google Anda yang masih aktif.

4. Setelah itu, Masukan informasi yang dibutuhkan untuk melengkapi Formulir Permintaan Pendaftaran. Isikan Nama Anda, Alamat E-mail, Nama Entitas Penerbitan, Situs Web, Negara, dan informasi lainnya.

5. Sebelum Anda mengirimkan formulir online tersebut, sebaiknya tinjau Persyaratan Kebijakan dan Ketentuan Google Play Book beserta dokumen penting berisikan lampiran Perjanjian yang wajib disetujui oleh calon mitra. Gulir halaman ke bawah lalu tekan tombol Yes untuk menerima persyaratan diatas.

6. Pada tahap ini proses pendaftaran sudah berhasil di buat. Anda hanya perlu menunggu waktu sekitar kurang lebih 1 minggu untuk mendapatkan email undangan dari Pihak Google Play Book.

7. Setelah Anda menerima email undangan dari books-partner@google.com, Anda akan menemukan link pendaftaran sekali pakai https://play.google.com/books/publish/signup?ic=xxxxx. Klik link tersebut untuk memulai pendaftaran.

8. Kemudian lengkapi informasi akun Anda dengan cara mengisi data di kotak form Publisher Name.

Jangan lupa untuk mencentang 'checkbox' yang berisi keterangan bertuliskan saya memverifikasi bahwa saya pemegang hak cipta atau orang yang diijinkan oleh penerbit untuk melakukan tindakan penerbitan dan centang 'checkbox' kedua yang berisi keterangan saya bersedia menerima email update, saran perubahan dan semua informasi yang diperbarui. Lalu, Klik tombol "Continue" untuk melanjutkan pembuatan akun.

Cara Menyiapkan Akun Profil Pembayaran di Google Playbook





Setelah pembuatan akun berhasil dilakukan, Anda akan diminta untuk menyiapkan profil pembayaran dan menyetujui isi persyaratannya. Jika Anda telah menyetujui Persyaratan dan Ketentuan Standar Program Partner Google Buku. Lewati langkah ini, kemudian buka Pusat Pembayaran dan klik Tambahkan Profil Pembayaran. Lalu, Masukan Nama, Alamat, Kode Pos, No Handphone Aktif dan Tipe Akun. Jika Profil Pembayaran sudah terisi dengan benar, selanjutnya tinggal klik tombol "Submit".

Pada tahap ini proses pembuatan akun Mitra Google Play Book telah selesai dibuat, sekarang Anda sudah bisa langsung mengupload buku digital pertama Anda disana.

Cara Menambahkan Lokasi Wilayah di Google Play Book

Wilayah penjualan menandakan tempat dan negara dimana buku Anda akan dijual. Cara mengaturnya silahkan login ke akun Google Play Book > Pusat Menu > gulir ke bawah dan cari Wilayah Penjualan > Tambahkan Wilayah atau edit profile yang sudah Anda buat sebelumnya.

Secara umum pengaturan wilayah penjualan mencakup target negara dalam skala global. Anda hanya perlu menggunkan kode negara untuk mengubah lokasi wilayah penjualan sesuai yang Anda inginkan, misalnya kode ID, yang digunakan untuk mengatur lokasi wilayah dari lokasi default ("WORLD") ke negara Indonesia. Selanjutnya aktifkan konfigurasi wilayah dan klik "Create Teritority".

Cara Upload Buku ke Google Play Book

1. Pertama, Navigasikan atau login ke akun Google Play Book Anda menggunakan email yang sama, buka Menu Katalog dan Tambahkan Buku.

2. Tentukan opsi apakah Anda akan menjual e-book di Google Play Book atau melalui penawaran saja.

3. Masukan ISBN, berupa kode 10 atau 13 digit angka atau kode EAN (Nomer Artikel Eropa). Jika Anda tidak mempunyai ISBN atau EAN, centang opsi, "buku ini tidak memiliki ISBN dan pengenal lainnya." Kemudian Google akan memberikan ID khusus (GGKEY) kepada Anda sebagai pengganti ISBN/EAN. Silahkan pilih GGKEY untuk E-Book hasil karya pribadi

4. Setelah itu Anda harus memberikan rincian informasi tambahan mengenai e-book yang Anda jual dengan cara mengisi kolom Judul, Deskripsi, ID Buku (ISBN/GGKEY), Bahasa, Tanggal Penerbitan, Nama Penerbit, Format Ebook, No Seri, Usia Minimum/Maksimum. Isi detail informasi tersebut sesuai kebutuhan. Lalu tekan tombol Save and Continue untuk menyimpan dan melanjutkan.

5. Setelah itu, pada bagian
Tab Genre tekan dropdown ke bawah, lalu tentukan genre buku Anda sesuai opsi pilihan yang tersedia.

6. Langkah berikutnya, pergi ke Tab Kontributor dan masukan nama penerbit, juru tulis, narator, pembuat naskah, penyusun artikel, dan sebagainya.

7. Langkah terakhir adalah membuat keputusan bagaimana e-book itu akan muncul di pencarian. Jika Anda mengaktifkan DRM, maka orang lain tidak dapat mendownload, menyalin, atau mencetak pratinjau. Batas pratinjau halaman default adalah 20 persen dari total keseluruhan halaman, masukan alamat situs dan logo penerbit, upload sampul dan e-book Anda pada bagian Menu Konten, tunggu beberapa saat hingga proses upload mencapai progress 100 persen. Kemudian tetapkan harga, buat diskon dan tentukan target lokasi pemasaran e-book.

Pada bagian Menu Review and Publish, harap tinjau kembali seluruh informasi e-book yang Anda buat. Lalu, klik tombol Publish untuk mulai menerbitkan e-book Anda.

Selamat! Anda telah berhasil menerbitkan e-book pertama Anda, tetapi Anda masih perlu menunggu proses peninjauan yang bisa memakan waktu hingga 1x24 jam untuk membuat e-book tersebut muncul di Google Play Book.

Nah, itu tadi cara membuat akun Google Playbook dengan mudah, jika ada hal yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk mengirimi kami email, terimakasih telah membaca artikel kami dan salam sukses :)

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Akun Google Play Book secara Gratis"