Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjalankan SketchUp Viewer di Android

Cara Menjalankan SketchUp Viewer di Android
Image source: © trimble, Inc. 

Pada kesempatan yang baik ini, kami ingin membagikan informasi mengenai bagaimana cara membuka file .skp atau cara menjalankan aplikasi SketchUp Viewer di platform Android. 

Sesuai dengan namanya aplikasi tersebut adalah aplikasi penampil model 3D terbaik yang ada di Perangkat iOS dan Tablet Android yang memang khusus dibuat untuk bisa membuka file .skp, menjelajahi & menampilkan model 3D, menavigasi, serta mempresentasikan proyek gambar 3D lewat sentuhan jari.

Kelebihan yang ada pada aplikasi ini adalah adanya fitur mode augment reality yang mana objek file .skp yang tampil dapat dijelajahi layaknya menelusuri sebuah objek yang nyata. 

Augmented reality (AR) adalah fitur canggih yang digunakan untuk melihat model 3D secara riil dan realistis, memungkinkan Anda untuk mengalami, menjelajah setiap sudut ruang dalam model 3D dan menjadikan gambar yang dilihat terlihat hidup dan nyata. 

Fitur berlangganan ini dapat beli lewat pembelian app in purchase seharga $ 9,99 pertahun. Fitur hebat lain yang ada dalam aplikasi ini adalah adanya alat Pilih dan panel Info Entity, dengan alat ini Anda bisa mendapatkan informasi detil tentang panjang tepi, daerah wajah, volume padatan, komponen dan kelompok definisi.

Lalu bagaimana cara menggunakan SketchUp Viewer di Android, untuk mengetahui caranya, yuk Kita simak dibawah:

Cara Menjalankan SketchUp Viewer di Android

1. Pertama Install dan buka SketchUp Viewer di piranti mobile Anda, lalu Sign In atau pilih Create Akun menggunakan ID Google.


2. Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada halaman "identity.trimble.com" seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Untuk mulai membuat akun sketchup, silahkan masukan alamat email pada kolom isian yang telah disediakan. Ataupun login menggunakan metode autentikasi "Sign in with Google."


Untuk melanjutkan ke "Trimble Identity", silahkan pilih alamat gmail yang ingin Anda hubungkan. Tunggu beberapa saat hingga kemudian muncul halaman home screen. 


3. Pada saat Home Screen Aplikasi terbuka, ketuk Ikon awan 
yang terletak di pojok kanan atas aplikasi dan pilih layanan Cloud yang ingin Anda gunakan. 


Pilih menu 3D Warehouseketuk Ikon download
untuk memuat model 3D dari fitur 3D Warehouse ke dalam perangkat.


Berikut adalah contoh project yang berhasil kami unduh. 


Ketika Anda Sign Out dari SketchUp Viewer, maka semua model dari 3D Warehouse akan menghilang dari Home Screen. Namun, pada saat Sign In kembali Anda bisa langsung menemukan semua model 3D dan project skp yang telah Anda simpan di Account 3D Warehouse sebelumnya. 

4. Anda juga dapat menjelajahi fitur Trimble Connect untuk menampilkan folder dan file .skp SketchUp yang tersimpan dalam akun Trimble Connect. Untuk membukanya, silahkan ketuk nama folder. Ketika Anda sudah menemukan model 3D yang Anda cari, Ketuk Ikon Download untuk menyimpan model 3D ke dalam perangkat.

5. Anda juga bisa menggunakan fitur Android ‘Open With’, misalnya ketika ingin membuka file *.skp yang diterima dari lampiran email.

6. SketchUp Viewer juga mendukung akses Penyimpanan Cloud, sehingga akan memudahkan kita pada saat membuka file *.skp dari Google Drive, Dropbox serta aplikasi penyimpanan cloud lainnya.

7. Untuk membuka file .skp di penyimpanan internal. Caranya mudah, Pada halaman Home Screen, ketuk ikon awan dan pilih File on Device. Disini Anda dapat menjelajahi atau langsung membuka file .skp dari perangkat penyimpanan Anda.

Pada saat model file .skp sudah terbuka, Arahkan fitur multi-touch gestures untuk melakukan orbit, panning dan zooming model 3D. Anda dapat menggunakan cubitan dua jari untuk memperbesar objek. Bisa juga dengan mengarahkannya langsung ke tempat-tempat yang paling penting, spesifik dalam model 3D Anda menggunakan adegan yang diatur lewat SketchUp desktop dan web pemodel. 

Beralih di antara perspektif dan kamera ortografi untuk produksi dan gambar arsitektur kemudian ambil pengukuran menggunakan alat Ukur Tape dan buat penyesuaian preferensi satuan untuk melihat pengukuran, string dimensi dan Info Entity dalam unit pilihan Anda. 

Hidupkan lapisan atau nonaktifkan untuk mengontrol visibilitas bagian dari model Anda. Mengontrol tampilan dan nuansa dari model Anda dengan menyesuaikan Ujung dan Wajah gaya, termasuk modus X-ray, bersama dengan matikan untuk mengontrol visibilitas Hidden Geometry, Pesawat Bagian, Cuts Bagian, Axes, dan Watermarks. 

Pesawat bagian Move hanya untuk mendapatkan tampilan interior yang tepat dari model, atau memvisualisasikan pandangan elevasi dan rencana penting. Aplikasi ini mendukung adegan sifat sebagai berikut: lokasi Camera dan properti, Hidden Geometry, Layers Terlihat, Pesawat Bagian Aktif, Standard Ujung Styles, Styles Wajah, Latar Belakang / pengaturan Sky / tanah Style, Watermarks dan Axes Lokasi.

Ketika pertama kali Anda menjalankan aplikasi ini mungkin Anda akan merasakan sensasi seperti sedang berpetualang dalam ruang dimensi maya yang sangat realistis. Nikmati pengalaman yang menakjubkan dengan aplikasi SktechUp Viewer yang hebat, dengan aplikasi keren ini Anda dapat melihat setiap detil bangunan dan sudut ruang 3D, menjelajahi tangga, melihat atap, ataupun memutar rotasi gambar dalam mode 380 derajat dengan cara digeser ke kiri atau ke kanan. 

Aplikasi SketchUp Viewer bisa memberikan pengalaman realistis bagi setiap penggunanya. Ini memang aplikasi penampil file .skp terbaik yang pernah ada. Luarbiasa ! Jadi, tunggu apalagi segera download aplikasi buatan trimbel, inc. tersebut di toko aplikasi sekarang.

Sebagai informasi tambahan aplikasi SketchUp Viewer bukan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat objek gambar layaknya AutoCad. Untuk membuat project model 3 Dimensi atau file .skp android rancangan sendiri, Anda perlu membuatnya menggunakan software lain diluar aplikasi SketchUp Viewer Android. 

Aplikasi ini dirancang hanya untuk menampilkan atau menjalankan file .skp saja. Saat ini belum ada fitur editor untuk membuat objek 3D langsung di aplikasi SketchUp Viewer Android. 

Meskipun begitu aplikasi ini sangat bermanfaat sekali bagi Anda, kalangan developer, drafter, arsitek dan sejumlah pekerja furniture lainnya. Karena banyak sekali sampel-sampel gambar yang bisa di unduh untuk kemudian dijadikan sebuah referensi pembuatan konstruksi rumah, gedung, rancangan mesin, prototipe pesawat, kerangka lemari, rangka mobil dan lain sebagainya. 

Jika Anda seorang pekerja arsitek, enginer mesin, pekerja furniture, Kami sarankan untuk segera membeli aplikasi premium ini di playstore sekarang. Meskipun harganya 100 ribu rupiah, tetapi kualitas aplikasi ini setara dengan harganya, seperti kata pepatah ada harga ada rupa. Tentu saja, aplikasi ini tidak akan membuat Anda kecewa. Kami sendiri sudah mencoba membeli lisensinya di playstore. Jadi sekarang, tinggal giliran Anda untuk membelinya ya.

Aplikasi ini direkomendasikan untuk ponsel Android dan Tablet yang menjalankan OS Lollipop (5.1) atau yang lebih tinggi, CPU minimal 1.2 GHZ dengan minimal RAM 1024 MB dan berikan ruang penyimpanan internal yang cukup, setidaknya ada ruang kosong memori 2 GB yang tersedia.

Tetapi fitur AR hanya dirancang untuk bekerja pada berbagai ponsel Android Nougat (7.0) atau lebih tinggi. Harga pembelian awal $99 atau sekitar 100 ribu rupiah. Bisa dibeli menggunakan pulsa atau via Paypal, Mastercard ataupun melalui top up saldo Google Play di minimarket.

Untuk aplikasi versi gratisnya, mohon maaf sekali kami tidak menyediakan aplikasi SketchUp Viewer versi free di situs ini.

Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi situs kami, sehat selalu dan salam sejahtera. Jika ada hal yang ingin Anda tanyakan mengenai SketchUp Viewer, silahkan beritahu kami lewat pesan email atau komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Cara Menjalankan SketchUp Viewer di Android"