Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menginstall file .JAR di Android

Cara Menginstall file .JAR di Android
Source: Java™ logo by © Sun Microsystems, Inc. / Android™ logo by © Google LLC

Ketika Anda ingin memainkan game Jar, maka Anda perlu berkenalan dengan yang namanya Java. Berdasarkan sejarah, Java pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystem.Inc, kemudian Nokia Corporation mengadopsinya sebagai basic platform untuk bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java. 

Hampir di setiap perangkat Nokia didalamnya sudah tertanam Mesin Virtual Java atau Java Virtual Machine (JVM) yang fungsinya dapat digunakan untuk menjalankan semua aplikasi berformat JAR (Java Archive).

Apa itu file Jar ? 

Jar adalah sekumpulan arsip yang berisi file-file kompilasi java (*.class) dan file pendukung lainnya seperti gambar, suara, dan animasi yang dikompres dan dibungkus seperti halnya file .zip dan di dalam folder META-INF terdapat sebuah MANIFEST yang mendeskripsikan nama midlet, termasuk versi dan nama vendornya. 

Lalu, Apa itu JVM?

JVM merupakan salah satu komponen terpenting dari system Java yang berfungsi untuk menjalankan perintah dari bahasa pemrograman Java. 

JVM ibarat wadah untuk menampung aplikasi-aplikasi yang sedang dijalankan. Dengan JVM Kita bisa menginstall game dan aplikasi yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman Java ke dalam perangkat dengan mudah.

Tapi bagaimana kalau kita ingin menjalankan Aplikasi JAR di perangkat yang tidak memiliki Mesin Virtual Java (JVM) misalnya Platform Android atau iOS?

Secara teknis Java memang tidak dirancang untuk dapat berjalan di Platform Android atau iOS. Aplikasi-aplikasi yang berbasis Java pada umumnya dikompilasi ke dalam bentuk p-code (bytecode) dan hanya dapat dijalankan pada perangkat yang sebelumnya sudah tertanam Mesin Virtual Java didalamnya.

Jadi artinya Anda tidak akan bisa menjalankan konten file berformat Jar di platform Android ataupun iOS. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberitahu Anda bagaimana cara menjalankan aplikasi Java menggunakan emulator. 

Kami berhasil mengakalinya dengan emulator bernama J2ME Loader. Diketahui emulator tersebut dikembangkan secara khusus untuk dapat menjalankan class Java di platform Android. 

Dengan begitu Anda dapat dengan mudah memainkan semua game dan aplikasi yang berformat Jar di sistem operasi Android. Jika Anda ingin menjalankan file JAR di Smartphone Android, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall emulator bernama J2ME Loader di perangkat. 

Sebetulnya emulator Java ini sudah banyak tersedia di Playstore dan tidak hanya J2ME saja yang bisa Anda digunakan menjalankan file Jar. Tetapi untuk memudahkan penggunaan, kami akan menggunakan J2ME Loader sebagai alat tempur utamanya. 

Alasan kami memilih emulator ini karena, emulator tersebut memiliki kapasitas file yang kecil, memiliki antarmuka yang ramah dan intuitif, kontrol yang adaptif dan mudah untuk dioperasikan. Sama sekali tidak ada display ads yang menggangu dan Anda juga tidak perlu melakukan rooting terhadap Smartphone untuk bisa memulai menggunakan emulator tersebut dan yang paling penting menurut kami adalah Aplikasi ini free alias dapat dinikmati secara gratis.

J2ME Loader adalah emulator opensource yang secara khusus berfungsi untuk menjalankan file JAR di Android. Aplikasi ini juga mendukung berbagai Game 2D dan 3D serta memiliki virtual keyboard menarik yang dapat menyesuaikan ukuran layar sehingga pengguna akan merasa nyaman pada saat sedang memainkan sebuah game dengan sentuhan jari. Aplikasi ini memiliki pengaturan dan penskalaan layar yang dapat diatur sesuai kebutuhan. 

Seperti resolusi dan pengaturan grafis untuk mengatur ketajaman gambar, volume suara dll. Aplikasi ini mempunyai kontrol layar sentuh yang hampir mirip dengan tombol navigasi pada sebuah handphone lawas layaknya Nokia Java. 

Sehingga pengalaman bermain yang dirasakan akan membawa pengguna kepada suasana yang benar-benar klasik. Nikmati suasana menyenangkan dengan memainkan seluruh aplikasi game klasik dari berbagai vendor seperti Gameloft, Electronics Arts, Ubisoft, dsb.

Cara Membuka file .Jar di Android dengan J2ME Loader

1. Pertama Install dan jalankan Aplikasi J2ME Loader di perangkat Android Anda.

2. Siapkan file Jar Anda, lalu pindahkan file Jar tersebut ke dalam folder J2ME-Loader. Secara default folder tersebut dapat ditemui di path://storage/emulated/0/J2ME-Loader. 

Jika folder J2ME tidak ditemukan, Anda dapat membuat folder sendiri untuk menaruh semua file Jar yang Anda download di Internet ke dalam folder J2ME buatan Anda.

3. Kemudian, buka emulator J2ME Loader untuk menjalankan file .jar dan klik tombol plus (+) di sebelah pojok kanan bawah Aplikasi. Tunggu beberapa saat sampai folder di pengaturan berkas mulai terbuka. 

Jika pengaturan berkas sudah terbuka, selanjutnya Anda tinggal mencari file Jar yang sudah Anda simpan di dalam folder J2ME-Loader. 


4. Langkah berikutnya, Ekstrak file Jar yang dipilih dengan cara mengkliknya dua kali. Tunggu sampai tampilan proses converting file Jar dilayar selesai dilakukan.


5. Jika proses converting file Jar berjalan sempurna maka logo Game atau cover Aplikasi Jar yang Anda converting tadi akan muncul secara otomatis dalam listingan aplikasi dan game pun sudah langsung bisa Anda mainkan!


6. Terakhir saya ucapkan selamat bermain. Anda telah berhasil menjalankan file .jar Android dengan aplikasi J2ME Loader. Jika ingin memainkan aplikasi game Anda kembali di lain waktu, Anda hanya perlu membuka emulator J2ME Loader terlebih dahulu setiap kali Anda ingin memainkannya.

Itulah tadi cara mudah menjalankan file .jar di Android atau langkah bagaimana cara menggunakan emulator J2ME loader dengan mudah. Bagaimana menurut Anda, Apakah ini mudah bukan? Jika ada kesulitan menggunakan emulator J2ME Loader, silahkan untuk memberitahu kami di kolom komentar. Terimakasih !