Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat VCC Sendiri Menggunakan Kartu Debit

Cara Membuat VCC Sendiri Menggunakan Kartu Debit
Photo by mohamed_hassan from PxHere / CC0
VCC menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melakukan transaksi secara elektronik atau pembelian online tapi tidak mempunyai kartu kredit. Fungsi pembayaran pada VCC sama dengan kartu kredit pada umum nya dimana semua kartu yang berlogo jaringan VISA maupun Mastercard bisa dipakai untuk melakukan berbagai macam transaksi online secara aman.

Kegunaan Virtual Card Credit (VCC) ?

VCC bisa digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran, antara lain:

1. Untuk keperluan pembelian berbagai macam barang di situs e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, JD.id, Lazada, blibli.com, ebay, amazon, alibaba, dll. 

2. Membeli Akun Godev (Google Developer Console). 

3. Membayar kampanye Iklan Facebook Ads atau Google Ads (Adword). 

3. Membeli domain, whois protection, ssl, bayar server, menyewa layanan shared hosting, cloud VPS, dsb. 

4. Verifikasi Akun Paypal. 

5. Bayar tagihan di merchant luar negeri atau dalam negeri. 

6. Pembayaran mata uang asing, Dollar, Euro, IDR, dll.

Apakah Anda ingin tahu bagaimana membuat VCC/VCN sendiri dengan menggunakan kartu debit. Untuk mengetahui caranya, yuk! Langsung saja kita simak artikel di bawah.

1. Menggunakan OctoPay / Kartu Debit Bank CIMB

Bank CIMB Niaga sudah memiliki layanan VCC OctoPay yang dapat dipergunakan untuk keperluan transaksi online. Untuk bisa memiliki VCC dari bank CIMB. Anda wajib membuka rekening dulu di kantor cabang terdekat.

2. Menggunakan Kartu Debit BNI Online

Kartu Debit Online milik BNI kegunaannya tidak jauh berbeda dengan OctoPay milik CIMB. Namun Anda akan dikenai biaya layanan, jika transaksi yang dilakukan menggunakan SMS banking. Pastikan pulsa Anda mencukupi ketika hendak menggunakan layanan ini. Karena kalau tidak, transaksi Anda akan ditolak.

Bagimana cara aktivasinya?

Pertama Anda diwajibkan memiliki rekening BNI debit terlebih dahulu. Selanjutnya Anda tinggal melakukan aktivasi dengan cara mengetik REQ VCN (nominal uang) dan kirim ke nomor GSM Anda yang masih aktif.

Setelah proses permintaan selesai dilakukan, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat untuk menerima 16 digit No VCN dari BNI. Validitas VCN tersebut berlaku selama 120 menit dan hanya dapat digunakan sekali saja.

Provider yang bekerja sama dengan bank BNI saat ini baru Telkomsel, Indosat Oreedo, dan XL Axiata.

3. Menggunakan Kartu Debit Livin' by Mandiri Tabungan NOW

Mandiri merupakan bank BUMN yang memiliki kesamaan layanan yang hampir mirip dengan layanan VCC dari Bank BNI. Terobosan ini mendukung para pelaku bisnis yang menyediakan layanan e-commerce, pengembang aplikasi dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mendaftar akun google developer tanpa kartu kredit. Kini CVV/CVC dari kartu debit bank mandiri Tabungan NOW bisa menjadi solusi buat Anda.

Anda tidak perlu mengingat 16 digit nomor ketika hendak melakukan otorisasi transaksi. Cukup dengan menggunakan 3 digit nomor CVV di belakang kartu debit Mandiri. Anda sudah bisa memulai transaksi, karena sistem akan memverifikasinya secara otomatis. Untuk transaksinya, gunakan password sekali pakai/ atau (kode OTP) yg dikirim ke no GSM Anda.

Selain itu, penerbitan kartu debitnya juga dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Livin' by Mandiri berlogo kuning, jadi Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang untuk mengajukan penerbitan kartu. Karena Anda dapat memilih opsi agar kartu debit dapat dikirimkan langsung ke rumah. 

Dokumen yang Anda butuhkan sebelum buka rekening kartu debit mandiri tabungan NOW  adalah KTP, NPWP. Untuk mendownload aplikasinya, silahkan navigasi ke https://play.google.com/store/apps/details?id=id.bmri.livin

Bagaimana cara buat VCC Mandiri? berikut adalah cara aktivasi CVV/CVC Kartu Debit VISA Livin' by Mandiri. 

1. Untuk aktivasinya dapat dilakukan dengan cara login ke aplikasi Livin' by Mandiri. 

2. Pada halaman Beranda pergi ke menu Pengaturan > pilih opsi Kartu Debit & Kartu Kredit > pilih tombol Aktifkan

3. Kemudian masukan 3 digit kode CVV/CVC kartu debit mandiri Anda > buat PIN DEBIT > masukan ulang PIN > pilih Aktivasi kartu > masukan PIN livin dan tunggu hingga muncul notifikasi berhasil dan terakhir selamat kartu debit mandiri VISA Anda sudah berhasil dibuat. 

Untuk transaksinya, masukan 3 angka no CVV di belakang kartu debit ke kolom situs merchant yang terdapat logo verified by VISA/3D Secure. Setelah itu, Anda akan menerima kode OTP untuk melanjutkan transaksi. Kelebihannya, Anda tidak akan dikenakan biaya sms untuk menggunakan layanan ini.

4. Menggunakan BCA KlikPay

VCC dari BCA sedikit berbeda dengan layanan VCC bank lain. Setiap kali ingin memlakukan transaksi. Anda diharuskan mengunjungi situs KlikPay terlebih dahulu dengan memasukkan identitas pengguna dan kata sandi.

Bagaimana cara melakukan aktivasi VCC BCA?

Anda bisa mengunjungi langsung https://www.klikbca.com/klikpay/klikpay.html
Setelah proses aktivasi selesai. Anda bisa memilih opsi sumber dana untuk melakukan transaksi. Sumber dananya bisa mengambil dari rekening kartu kredit ataupun kartu debit.

Untuk transaksi menggunakan KlikPay, Anda bisa memilih KlikPay sebagai metode pembayaran ketika Anda hendak berbelanja distus e-commerce yang telah bekerja sama dengan Bank BCA. Setelah Anda memilih KklikPay sebagai metode pembayaran. Anda akan dibawa ke halaman login BCA KlikPay untuk proses otentifikasi menggunakan OTP. Kemudian masukkan kata sandi sekali pakai itu ke kolom yang tersedia untuk melanjutkan transaksi.

5. Menggunakan Aplikasi Jenius m-card / Kartu Debit Jenius BTPN

Jenius merupakan aplikasi perbankan milik bank BTPN Indonesia yang menawarkan fitur VCC sebagai pembayaran layaknya Kartu kredit untuk membantu Anda melakukan berbagai transaksi finansial melalui Smartphone.

Bagaimana cara daftar kartu debit Jenius BTPN?

Langkah pertama silahkan download aplikasi android Jenius BTPN melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=com.btpn.dc

1. Daftar Akun & lengkapi semua data diri Anda sesuai Identitas di KTP

2. Upload foto KTP / atau NPWP. Jika belum mempunyai NPWP, lewati tahap ini dengan centang “Saya tidak membawa NPWP”

3. Setelah Akun berhasil dibuat, silahkan login dan aktifkan Akun, lewat Verifikasi KTP, Video Call langsung dengan CS. Proses registrasi akan memakan waktu kurang dari 10 menit.

4. Pendaftaran Selesai.

Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan Anda hanya perlu menunggu kartu / m-card di kirim ke alamat Anda via kurir (jne/ jnt/sicepat/ kantor pos), biasanya memakan waktu hingga 3 sampai 4 hari kerja.

Cara aktifasi m-card VCC

Setelah m-card jenius di terima, segera aktifasi kartu dengan no. kartu 16 digit yang ada, jika semua berhasil maka fitur VCC Jenius BTPN sudah bisa Anda gunakan sepenuhnya.

6. Menggunakan Kartu Debit BTN VISA

Kartu Debit BTN Visa dapat diperoleh dan digunakan setelah nasabah membuka rekening Tabungan di KCP BTN terdekat. Rekening tabungan btn yang akan didagunakan harus terdapat saldo yang cukup dan dalam keadaan aktif serta tidak terblokir. Nikmati kemudahan transaksi online menggunakan kartu debit BTN berlogo VISA.

Bagaimana cara mengaktifkan Debit BTN Online?

1. Masukan kartu ATM BTN Debit Anda ke mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), pilih Bahasa Indonesia.

2. Kemudian, masukan PIN ATM Debit BTN Anda dan Pilih menu Transaksi Lainnya. Pilih Registrasi E-Channel.

3. Setelah itu, Pilih Debit BTN Online.

4. Masukan nomor hp Anda yang masih aktif. No GSM ini nanti akan digunakan pada saat menerima kode otp /atau pada saat melakukan otorisasi transaksi.

5. Jika registrasi berhasil maka akan akan keluar lembar struk yang berisi informasi bahwa pendaftaran BTN debit online berhasil, pada tahap ini kartu debit btn online belum bisa langsung digunakan. Anda perlu menunggu satu hari atau sekitar 1×24 jam sebelum bisa memulai menggunakan layanan tersebut.

Lalu, bagaimana cara transaksi finansial dengan Kartu Debit BTN VISA?

Cara menggunakan kartu debit BTN untuk transaksi finansial cukup mudah. Pada saat ingin membayar di metode pembayaran pilih Kartu Debit/ VISA Mastercard lalu masukan 16 digit nomor kartu atm. Masukan tanggal expired kartu ATM dan 3 digit kode CVV yang terletak di bagian kanan belakang kartu atm.

Setelah itu pilih bayar dan nanti Anda akan dibawa ke halaman verified by VISA, siapkan no hp yang sudah di daftarkan, kemudian cek kode OTP yang dikirim lewat pesan singkat sms.

Masukan kode OTP tersebut pada kolom yang disediakan lalu tekan tombol OK, jika transaksi berhasil dilakukan maka saldo tabungan akan langsung didebet otomatis.

Nah itulah cara bagaimana buat VCC sendiri dengan kartu debit. Apakah Anda tertarik menggunakan VCC? atau Anda sudah memiliki pengalaman menggunakan VCC. Jika ya, silahkan ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat VCC Sendiri Menggunakan Kartu Debit"