/* original by igniel.com, modified by trivusi.web.id */ html { scroll-behavior: smooth; } .toc { background-color: #f8f9fa; border: 1px solid #d1d5db; padding: 10px 20px; display: table; line-height: 1.6em; } .toc a { text-decoration: none; } .toc a:hover { text-decoration: underline; } .toc ol { counter-reset: item; padding-left: 0.5em; } .toc li { display: block; } .toc li:before { content: counters(item, ".") ". "; counter-increment: item; } .toc ol li a { margin-left: 0.2em; } .toc ol li ol { margin-left: 0.2em; } .toctogglelabel { cursor: pointer; color: #0645ad; } :not(:checked)>.toctoggle { display: inline !important; position: absolute; opacity: 0; } :not(:checked)>.toctogglespan:before { content: "["; } .toctoggle:not(:checked)+.toctitle .toctogglelabel:after { content: "sembunyikan"; display: inline; } .toctoggle:checked+.toctitle .toctogglelabel:after { content: "tampilkan"; } :not(:checked)>.toctogglespan:after { content: "]"; } .toctoggle:checked~ol { display: none; } :target::before { content: ""; display: block; height: 75px; margin-top: -75px; visibility: hidden; } } .toc strong { display: inline-block; font-size: 1.25rem; margin: 8px 25px 8px 0;

Cara Amankan Data Pribadi di Android, Agar tak Disadap

Cara Amankan Data Pribadi di Android, Agar tak Disadap
from wallpaperflare.com
Data ponsel merupakan informasi pribadi yang sangat penting bagi penggunanya. Dalam ponsel, terdapat data-data seperti kontak, pesan, email, foto, video, dokumen penting, informasi login, dan lain sebagainya. Jika data ini jatuh ke tangan yang salah, maka bisa saja data tersebut disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak diinginkan seperti pencurian identitas, penipuan, atau bahkan kejahatan yang lebih berat.

Selain itu, data ponsel juga dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada ponsel, seperti pada saat melakukan backup data sebelum melakukan factory reset, memperbaiki sistem operasi, dan lain sebagainya. Jadi, mengamankan data ponsel menjadi sangat penting untuk melindungi privasi dan informasi penting pengguna, serta untuk menghindari kejahatan dan kerusakan pada ponsel itu sendiri.

Berikut adalah beberapa cara untuk amankan data pribadi di perangkat Android:

1. Gunakan kunci layar yang kuat

Aktifkan penguncian layar yang kuat, seperti pola, PIN, atau sidik jari untuk mencegah orang lain mengakses perangkat Anda tanpa izin.

2. Aktifkan enkripsi

Aktifkan enkripsi pada perangkat Anda untuk memastikan data pribadi Anda aman jika perangkat hilang atau dicuri.

3. Hindari jaringan Wi-Fi publik

Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman, karena data Anda dapat dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Wi-Fi publik yang tidak dienkripsi tanpa VPN dapat menyebabkan akses data yang tidak sah pada ponsel Anda.

4. Batasi akses aplikasi

Periksa izin aplikasi dan batasi akses aplikasi ke data pribadi Anda yang sensitif.

5. Gunakan aplikasi keamanan

Instal aplikasi keamanan dari sumber terpercaya yang dapat membantu mengamankan perangkat Anda dari ancaman seperti virus dan malware.

6. Perbarui perangkat lunak

Pastikan sistem operasi ponsel Anda selalu terbaru dengan memperbarui ke versi terbaru yang dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru. Pembaruan sistem operasi mengandung perbaikan bug dan kerentanan keamanan.

7. Gunakan layanan penyimpanan cloud yang aman

Gunakan layanan penyimpanan cloud yang aman dan enkripsi data Anda sebelum mengunggah ke cloud.

8. Jangan membagikan informasi pribadi

Jangan membagikan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, nomor rekening bank, atau kata sandi dengan orang yang tidak dikenal.

9. Hati-hati dalam menginstal aplikasi

Instal hanya aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti Google Play Store atau App Store. Berrhati-hatilah ketika instal aplikasi pihak ketiga dari sumber tidak dikenal.

10. Gunakan layanan pencarian

Aktifkan layanan pencarian pada ponsel Anda seperti Find My Device pada Android atau Find My pada iOS. Layanan ini memungkinkan Anda melacak lokasi ponsel Anda jika hilang atau dicuri.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Find My Phone pada Android:
  1. Buka menu Settings (Pengaturan) pada ponsel Anda. 
  2. Gulir ke bawah dan cari opsi "Google" atau "Accounts" (Google atau Akun), lalu ketuk
  3. Pilih opsi "Security" (Keamanan), lalu ketuk.
  4. Cari opsi "Find My Device" (Temukan Perangkat Saya) atau "Find My Phone" (Temukan Ponsel Saya), lalu ketuk.
  5. Pastikan fitur ini sudah diaktifkan. Jika belum, aktifkan dengan menggeser tombol ke posisi ON.
  6. Pilih opsi "Location" (Lokasi) untuk mengaktifkan layanan Lokasi jika belum diaktifkan.
  7. Anda juga dapat mengaktifkan opsi "Play Sound" (Mainkan Suara) untuk memutar suara di ponsel Anda, bahkan jika ponsel dalam mode senyap.
  8. Setelah mengaktifkan fitur Find My Phone, Anda dapat melacak lokasi ponsel Anda melalui perangkat lain dengan masuk ke akun Google yang terdaftar pada ponsel Anda dan membuka halaman Find My Device. Anda juga dapat mengunci atau menghapus data ponsel Anda dari jarak jauh menggunakan fitur ini.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melindungi data ponsel Anda dari akses yang tidak sah dan hacker. Namun, tetap waspada dan jangan memberikan informasi sensitif pada orang yang tidak dikenal.