/* original by igniel.com, modified by trivusi.web.id */ html { scroll-behavior: smooth; } .toc { background-color: #f8f9fa; border: 1px solid #d1d5db; padding: 10px 20px; display: table; line-height: 1.6em; } .toc a { text-decoration: none; } .toc a:hover { text-decoration: underline; } .toc ol { counter-reset: item; padding-left: 0.5em; } .toc li { display: block; } .toc li:before { content: counters(item, ".") ". "; counter-increment: item; } .toc ol li a { margin-left: 0.2em; } .toc ol li ol { margin-left: 0.2em; } .toctogglelabel { cursor: pointer; color: #0645ad; } :not(:checked)>.toctoggle { display: inline !important; position: absolute; opacity: 0; } :not(:checked)>.toctogglespan:before { content: "["; } .toctoggle:not(:checked)+.toctitle .toctogglelabel:after { content: "sembunyikan"; display: inline; } .toctoggle:checked+.toctitle .toctogglelabel:after { content: "tampilkan"; } :not(:checked)>.toctogglespan:after { content: "]"; } .toctoggle:checked~ol { display: none; } :target::before { content: ""; display: block; height: 75px; margin-top: -75px; visibility: hidden; } } .toc strong { display: inline-block; font-size: 1.25rem; margin: 8px 25px 8px 0;

Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone, Kenali Ciri dan Gejalanya


from Pngtree.com
Orang yang sudah kecanduan smartphone tingkat tinggi seringkali tidak menyadari bahwa dirinya telah menjadi seorang pecandu. Bahkan kebanyakan orang saat ini sudah menganggap smartphone sebagai teman terbaik dihidupnya, akibatnya mereka telah kehilangan waktu untuk bersosialisasi dan berinteraksi hingga melupakan orang-orang yang ada di sekitar.

Pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan cara supaya Anda bisa terhindar dari kecanduan smartphone. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat ketergantungan Anda pada smartphone.

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara mengatasinya, alangkah baiknya kita mengenali ciri dan gejalanya terlebih dulu serta apa gejala dan ciri dari seseorang yang sudah benar-benar menjadi seorang pecandu.

Jika Anda sering menghabiskan waktu lebih dari 6 jam dalam sehari dan mengeceknya hampir tiap 10 menit sekali, sudah dipastikan Anda memiliki ketergantungan.

Ciri lainnya adalah sering tidur bersama smartphone dan membawanya ke alam mimpi.
Anda tiba-tiba menjadi mudah marah, destruktif dan tempramental ketika smartphone mengalami trouble, terkadang orang akan membantingkannya ketika smartphone mereka berjalan lemot atau tidak merespon sama sekali.

Saking asiknya main gadget sering tidak menyadari bahwa waktu sudah berlalu dan lupa terhadap waktu. Dan kebiasaan umum yang sering dilakukan pecandu adalah mereka selalu menaruh smartphone di saku celana dan kemanapun mereka pergi smatphone selalu ada di genggaman tangan.
Daftar Isi

Berikut adalah cara untuk mengatasi kecanduan Anda pada smartphone.

1. Atur waktu penggunaan

Jika Anda betul - betul ingin mengatasi ketergantungan pada smartphone langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan meyakinkan diri anda sendiri.

Katakan dengan tegas bahwa anda hanya akan menggunakan smartphone pada waktu waktu tertentu, komitmen ini harus dijalankan secara sadar bahwa Anda akan tetap mematahuinya.

2. Matikan notifikasi pada smartphone

Terkadang, notifikasi sering dijadikan alasan utama ketika Anda tak bisa menghindar dari yang namanya smartphone. Pemberitahuan yang masuk akan memaksa Anda untuk melihat isi pesan dan membalas pesan yang masuk. Jika notifikasi tidak dimatikan Anda akan selalu penasaran dengan pesan baru yang muncul setiap detik.

3. Hapus atau arsipkan pesan lama

Terkadang pesan obrolan lama menjadi pemicu Anda untuk ingin kembali membacanya. Kerinduan Anda terhadap pesan lama akan mendorong diri Anda terus membaca pesan tanpa henti.

4. Mulai mencari hobi baru

Cari hobi lain yang mampu menyenangkan diri Anda yang diyakini mampu menghilangkan ketergantungan Anda pada Smartphone. Hobi outdoor misalkan.

5. Pasang pengunci layar dengan sandi yang panjang

Kebanyakan para pecandu adalah mereka yang tidak menyetel password pada perangkat mereka atau mereka menyetelnya namun pola kuncinya terlalu pendek sehingga mudah diingat.

Sebagai gantinya setel smartphone Anda dengan pengunci layar yang panjang dan rumit menggunakan kombinasi huruf, angka, dan tanda baca karena hal ini tidak hanya membuat Anda merasa kesulitan untuk mengingat, tetapi juga Anda akan merasa kesal karena setiap kali anda ingin membuka anda harus memasukan sandi yang panjang. Kiat ini akan akan meminimalisir penggunaan smartphone dan membatasi diri Anda untuk mengakses media sosial dan game online.

6. Pergi ke area yang tidak ada sinyal

Istrihatkan pikiran Anda dengan pergi ke area yang memiliki sinyal terbatas. Ini akan berguna untuk menghindari gangguan notifikasi facebook, feed berita, pesan WhatsApp, pesan Line, Reels Instagram, Twitter, undangan E-mail dan lain-lain. Lakukan secara rutin kalau bisa setiap hari paling tidak seminggu sekali.

7. Jual smartphone lalu ganti dengan handphone biasa

Ini adalah langkah terakhir ketika Anda benar-benar mengalami kesulitan untuk berhenti bermain gadget langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan menjual smartphone milik anda kepada orang lain.

Sekalipun berat, Anda harus rela melakukan itu.
Ada banyak keuntungan yang bisa didapat ketika kita tidak memiliki smartphone. Salah satu keuntungannya adalah kita akan terhindar dari yang namanya ketergantungan. Anda boleh menjual smartphone lalu menggantinya dengan handphone biasa.

Pikirkan efesiensi serta kembalikanlah fungsionalitas handphone sebagai alat komunikasi yang wajar. Semoga tulisan diatas dapat membantu Anda untuk mengatasi kecanduan pada smartphone.