Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting TV Digital Gratis di Semua Merek Televisi

Cara Setting TV Digital Gratis di Semua Merek Televisi
from Pixabay
TV digital merupakan salah satu kampanye Pemerintah untuk migrasi saluran dari tv analog ke digital. TV digital mempunyai kualitas gambar yang jauh lebih jernih karena sinyal tv digital dipancarkan oleh satelit langsung. 

Kabarnya penggunaan televisi analog akan segera dihentikan seluruhnya, artinya pengguna tv tersebut harus memilik alat "SET TOP BOX" agar mereka dapat terus menikmati acara tv favorite mereka.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menginstall "set top box digital" sebagai berikut. 

Cara mudah setting TV Digital

1. Cari informasi yang mendukung saluran TV Digital

TV yang tidak mendukung saluran digital tidak akan bisa menangkap siaran dari tv digital sehingga pengguna perlu memastikan bahwa tv yang mereka gunakan mendukung atau tidak. 

2. Setting dan Cari jangkauan TV Digital

Pengguna bisa mengecek jangkauan tv digital lewat aplikasi dengan cara:

Aktifkan fitur lokasi > Unduh aplikasi SinyalTVDigital > Buka aplikasi dan klik Ikon Sinyal > Pilih salah satu stasiun TV > Klik "See Mux Detail" > Nanti akan ada informasi mengenai kekuatan sinyal, jenis layanan, operator, mux, frekuensi, channel, dan yang lainnya. Klik Ikon Galeri untuk melihat daftar lengkap siaran tv digital yang bisa ditonton lewat televisi. 

3. Cari saluran TV Digital

Setelah langkah pertama sukses, berikutnya Anda bisa pergi ke Pengaturan dan Pilih Opsi Program > klik Menu Auto Tunning untuk pencarian sinyal > kemudian pilih Opsi menggunakan antena atau DB2 > klik tombol start untuk melakukan pencarian. 

4. Pastikan TV telah menangkap saluran

Ketika Anda sudah berhasil melakukan pencarian TV Digital, pengguna dapat langsung mengecek ketersediaan channel hingga muncul simbol DTV. Sombol ini menandakan jumlah siaran televisi yang dapat ditangkap oleh Televisi Anda. Pastikan TV digital sudah berhasil diakses dan selamat siaran tv digital tersebut sudah bisa Anda nikmati. 

Penyebab televisi tidak bisa mengakses siaran TV Digital

Jika televisi Anda sulit mendapatkan sinyal, berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya siaran TV Digital tidak bisa diakses. 

1. Antena tidak dipasang diluar rumah
2. Lokasi antena tidak dapat menjangkau sinyal
3. Antena rusak, perlu diperbaiki
4. Kabel mengalami kerusakan
5. Posisi antena tidak ditempatkan pada posisi yang tepat
6. Booster TV rusak
7. Kondisi cuaca sedang buruk

Nah itu saja yang bisa kami bagikan, apabila Anda kesulitan untuk menonton siaran tv digital Anda bisa melihat faktor dan penyebab terjadinya tv tidak dapat menangkap sinyal.