Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts, Simak Syarat-Syaratnya

Cara Terbaru Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts, Simak Syarat-Syaratnya
www.rubrikpulsa.com
Baru-baru ini pihak YouTube mengumumkan cara baru bagi kreator untuk menghasilkan uang dari video Shorts. Kabar ini diumumkan langsung melalui postingan blog resmi milik YouTube. 

Dalam postingan tersebut, pihak YouTube mengumumkan akan membuka akses kemitraan bagi lebih banyak kreator dan memberi semua partner lebih banyak cara untuk menghasilkan uang dari Shorts. 

Mulai pertengahan Januari 2023, kreator yang befokus pada Shorts bakal punya kesempatan untuk bisa bergabung dalam YouTube Partner Program (YPP). 

Dengan ikut bergabung ke dalam YPP, semua konten kreator Shorts yang telah memenuhi syarat bakal punya kesempatan untuk menerima pembagian hasil keuntungan pada iklan yang ditayangkan antara pemutaran video Shorts di feed Shorts. 

Apa syarat monetisasi YouTube Shorts di Tahun 2023? 

Adapaun syarat agar kreator YouTube Short bisa ikut ke dalam YPP adalah memiliki 1000 subscriber, dan memiliki 10 juta view Shorts publik yang valid dalam 90 hari terakhir.

Setelah bergabung ke dalam program tersebut, partner akan mendapatkan akses ke semua fitur dan manfaat yang ditawarkan YPP. Ketika pengajuan, channel akan diperiksa kepatuhannya terhadap kebijakan monetisasi channel YouTube. 

Agar channel memenuhi syarat, kreator harus mengupload video orisinil serta harus mengikuti pedoman konten yang cocok untuk pengiklan. 

Pendapatan YouTube Shorts

Sumber pendapatan yang dapat dinikmati oleh kreator Shorts antara lain: pendapatan iklan, channel membership, pendanaan, sponsored brand, fitur super chat, super sticker dan fitur super thanks. Setiap bulan, pendapatan akan dijumlahkan dan digunakan untuk memberikan rewards kepada kreator Shorts. Namun pada tanggal 1 februari 2023, pembagian keuntungan iklan Shorts akan menggantikan pendanaan YouTube Shorts. 

Cara merekam video Shorts

1. Pertama, login ke aplikasi YouTube. 
2. Ketuk buat dengan cara tap icon tanda (+) > buat Video Shorts. 
3. Untuk membuat video berdurasi 15 detik, ketuk 15 detik di sudut kanan atas. 
4. Untuk merekam klip, tahan tombol button atau ketuk mulai merekam. 
5. Ketuk urungkan untuk menghapus video yang Anda rekam. 
6. Ketuk tanda silang untuk menutup atau menyimpan video sebagai draft. 
7. Ketuk selesai untuk melihat pratinjau video. 
8. Ketuk tombol kembali untuk kembali ke layar rekaman. 
9. Ketuk berikutnya untuk menambahkan detail video. (Tambahkan judul maksimal 100 karakter dan pilih setelan privasi, setelan privasi default adalah publik.) 
10. Ketuk pilih penonton, "Ya, video ini dibuat untuk anak-anak", atau" Tidak, video ini tidak dibuat untuk anak-anak".
11. Terakhir, ketuk UPLOAD VIDEO SHORTS untuk mempublikasikan video Shorts Anda.