Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Keyboard Laptop, Disable Sementara & Permanen


Photo by Pngtree from Pngtree.com / CC0
Keyboard merupakan salah satu jenis perangkat keras komputer yang berfungsi untuk melakukan input data berupa huruf, angka, karakater & simbol. 

Ada dua jenis keyboard yang dapat Anda gunakan yaitu keyboard internal dan eksternal. Memahami cara mematikan keyboard di laptop dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah ketika keyboard tersebut mengalami error. 

Untuk mematikannya, Anda dapat menggunakan berbagai kombinasi tombol atau memanfaatkan fitur matikan keyboard sementara pada Device Manager. 

1. Disable Keyboard dengan kombinasi Fn + (Keyboard Lock) 

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan metode kombinasi tombol keyboard eksternal. Yaitu, menggunakan tombol function keys. Tombol ini terletak di antara F1 sampai F12. 

Caranya juga terbilang mudah, cukup tekan Fn + tombol keyboard lock secara bersamaan atau menekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + tombol logo keyboard. Tetapi, cara ini hanya dapat bekerja untuk jenis merek tertentu. 

2. Cara mematikan Keyboard Laptop permanen

Selain cara di atas, Anda juga dapat mematikan keyboard laptop secara permanen dengan melakukan instal ulang otomatis. Cara ini dapat bekerja jika Anda menggunakan keyboard eksternal.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, membuka jendela Run, kemudian tekan Windows + R secara bersamaan
2. Setelah iru, ketik gpedit.msc di dalam kolom > pilih OK
3. Selanjutnya, masuk ke Computer Configuration > pilih Administrative Template
> Kemudian pergi ke System
Pilih folder Device Installation > pilih Device Installation Restrictions > Cari tulisan "Prevent installation of devices not described by other policy settings".
4. Kemudian, klik item dua kali untuk membuka pengaturan. Tunggu beberapa saat sampai muncul jendela pengaturan baru.
4. Terakhir, pilih opsi Enabled > Pilih Apply untuk menyimpan > klik OK. Kemudian ulangi langkah sebelumnya melalui Device Manager. 

3. Cara mematikan Keyboard sementara di Win10

Jika Anda pengguna Windows 10, Anda dapat mematikan keyboard sementara via Device Manager. Berikut adalah langkah-langkahnya. 

1. Pertama, tekan tombol Windows + R secara bersamaan. 
2. Selanjutnya, ketik devmgmt.msc di kolom Run > Pilih enter
3. Kemudian cari menu keyboard > Pilih Standard PS/2 Keyboard, > klik kanan dan pilih opsi Update Driver.
3. Tunggu sampai jendela baru muncul, pilih "Browse my computer for drivers" > klik centang pada "Show compatible hardware".
4. Langkah terkahir memilih driver yang tidak kompatibel dengan perangkat > klik Next untuk melanjutkan. 

4. Cara disable Keyboard tertentu di Laptop pakai aplikasi KeyTweak

Anda dapat menggunakan cara ini untuk mengatasi masalah pada laptop yang lemot, keyboard error, kepencet sendiri dll. Keyboard yang bermasalah tentu akan menggangu kenyamanan Anda saat bekerja. Berikut adalah langkah-langkahnya. 

1. Pertama, Download dan Install aplikasi KeyTweak
3. Kemudian, buka aplikasi KeyTweak > pilih tombol yang ingin kamu non-aktifkan > Pilih 'Disable'
4. Tombol yang Anda pilih akan muncul pada bagian Key Selected. Silahkan klik Disable > Klik 'Apply'
5. Setelah tombol di-disable, tombol akan muncul pada kolom Pending Changes. Klik Apply untuk menonaktifkan. Setelah itu, klik tombol Yes. 
6. Pada menu pop-up, > klik Yes untuk me-restart perangkat. 
7. Tombol keyboard berhasil dinonaktifkan. 

Untuk mengaktifkan kembali tombol yang di-disable, Anda cukup membuka aplikasi KeyTweak >  klik opsi Restart All Default > Restart perangkat laptop Anda dan tombol akan berfungsi kembali.

Nah itu tadi cara mematikan keyboard sementara & permanen. Apabila Anda ingin menghidupkan kembali keyboard laptop yang telah dimatikan. Cukup aktifkan kembali laptop Anda via Device Manager ke pengaturan default (Standard PS/2 Keyboard).