Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Custom Domain Blogspot Rumahweb, Setting dari Clientzone

Blogger CMS dapat djadikan alternatif Anda untuk melakukan aktivitas blogging secara gratis. Platform ini memberikan kemudahan dalam pembuatan situs web atau blog.

Ketika Anda membuat website di platform blogger. Alamat blog Anda akan terlihat seperti namadomain.blogspot.com. Untuk menghilangkan embel-embel blogspot tersebut, Anda perlu melakukan setting dan custom nama domain.

Anda dapat melakukan kustomisasi nama domain sendiri dengan cara membeli domain tld berbayar di penyedia layanan hosting seperti Rumahweb, IDCloudHost, Hostinger, atau Jogjahost. Bisa pakai ekstensi .com, .co.id, .org, .net atau ekstensi domain lain sesuai kebutuhan.

Lalu bagaimana cara setting dan custom domain blogspot atau bagaimana cara custom domain blogger di Rumahweb. Berikut adalah panduan cara settingnya.

Setting Custom domain Blogspot dari Clientzone Rumahweb

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka akun blogger Anda atau login menggunakan gmail yang terhubung ke akun blogger.
2. Setelah Anda berhasil login, silahkan klik Setting > Custom domain.
3. Pada kolom isian tersebut, silahkan masukan naman domain Anda sendiri. Misalnya www.rubrikpulsa.com kemudian klik tombol "Save".
4. Setelah pengaturan berhasil disimpan, maka akan muncul informasi mengenai CNAME.
5. Silahkan buka tab baru pada browser Chrome, kemudian login ke akun Rumahweb Anda dan masuk ke clientzone.rumahweb.com.
6. Masuk ke bagian menu domain, lalu klik manage.
7. Selanjutnya klik menu "Nameserver Setting". Lalu nasukan nameserver berikut:

nsid1.rumahweb.com
nsid1.rumahweb.net
nsid1.rumahweb.biz
nsid1.rumahweb.org

8. Jika nameserver sudah dimasukan, silahkan klik Change Nameserver untuk menyimpan perubahan.
9. Setelah itu, pergi ke DNS Management. Jika muncul tombol Aktifkan – Update, silahkan diklik. Setelah itu "Add New Record".

Membuat A record, dan masukan data sesuai ketentuan berikut.

Domain  name    = kosongkan saja
TTL        = default (86400)
Record Type   = A
Hostname    = 216.239.32.21

Ulangi dan masukan IP or Hostname berikut:  

216.239.34.21

216.239.36.21 

216.239.38.21

Membuat CNAME Record. Dan masukan seperti informasi yang ada di blogger tadi.

Setelah DNS berupa A dan cName record dibuat, silahkan tunggu proses propagasi DNS sekitar 1-24 jam. Lalu coba login kembali ke akun blogger dan simpan perubahan Custom domain.

10. Tahap selanjutnya adalah melakukan setting redirect dari tanpa www ke www. Cara setting ini berguna agar domain Anda bisa diakses tanpa www. Pada saat pengalihan situs, otomatis akan diarahkan ke www.namadomain.

11. Kemudian aktifkan HTTPS atau ketersediaan HTTPS. Tunggu beberapa saat sampai proses pengalihan dari HTTPS ke HTTPS aktif. 

Demikian cara custom domain blogspot Rumahweb. Apabila ada yang ingin ditanyakan terkait cara melakukan custom nama domain sendiri. Silahkan beritahu kami di kolom komentar.