Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Toko Online Gratis dengan WordPress

Cara Membuat Toko Online Gratis dengan WordPress
Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana menciptakan blog e-commerce berbasis WordPress. (Image source: from WordPress) 

Di jaman yang serba menggunakan teknologi dan kecanggihan telah menuntut para pebisnis dan UMKM untuk bisa lebih kreatif & inovatif dalam menjalankan bisnis yang mereka bangun. Untuk bisa menciptakan terobosan bisnis ke arah digitalisasi, Mereka harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan tuntutan jaman.

Mungkin sekarang sudah waktunya bagi seluruh pebisnis untuk melupakan cara lama dalam memasarkan usaha yang akan dirintisnya. Tentunya, Mereka harus berani melakukan transformasi bisnis ke model usaha yang kekinian agar usaha yang mereka bangun nantinya bisa berkembang lebih pesat dan tidak akan menoton. 

Apalagi sekarang Negara Indonesia sudah menjadi bagian dari Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk memperluas bisnis Anda dalam cakupan yang lebih besar, baik di tingkat Regional, maupun Internasional. Anda bisa memulainya dengan cara menciptakan model bisnis yang berbasis e-commerce.

Berbicara tentang e-commerce, maka keberadaan portofolio bisnis disini menjadi sesuatu hal yang utama dan sangat penting dimiliki oleh semua pebisnis yang ingin bersaing di pasar Internasional.

Portofolio bisnis yang bereputasi baik bisa membuat bisnis yang mereka ciptakan dikenal luas oleh pasar dunia, menciptakan trust kepada calon konsumen, meningkatkan laba serta dapat menyaring konsumen baru dalam jangkauan yang lebih besar di dunia.

Namun, sebagai awam tentu akan menyimpan pertanyaan bagaimana cara membuat portofolio bisnis yang baik dan benar? Untuk itu, kami disini akan menyuguhkan artikel kepada Anda tentang cara membuat portofolio bisnis gratis dalam bentuk Website Olshop pakai WordPress dan semoga tulisan kami ini bisa menjadi jawaban atas pertanyaan Anda.

Cara Membuat Website Toko Online dengan WordPress

1. Pertama, silahkan buka browser dan pastekan wordpress.com di adress bar.

2. Buat akun baru dengan cara klik Daftar > Isikan rincian data diri dengan benar. Mulai dari mengisi email, tempat & tanggal lahir, jenis kelamin dan kata sandi.

3. Setelah Anda berhasil membuat akun wordpress, silahkan tentukan nama website yang Anda buat. Anda bisa menggunakan nama perusahaan sebagai opsi nama yang akan muncul di website. 

4. Selanjutnya klik tombol "Tambah Situs Baru". Anda akan diberi opsi Apakah akan menggunakan website dengan ekstensi namawebsite.wordpress.com atau menambahkan situs yang di host secara mandiri ("self-hosted"). Pilih opsi pertama jika Anda belum mempunyai domain khusus.

5. Pada tahap ini Website Olshop Anda sudah berhasil dibuat. Kini saatnya melengkapi informasi yang dibutuhkan seperti membuat deskripsi pengenalan tentang seperti Apa produk dan jasa yang Anda miliki. Silahkan masukan deskripsi yang ringkas tentang product/jasa Anda, bisa juga dengan membuat slogan tertentu agar konsumen mudah mengingat permodelan bisnis yang Anda ciptakan.

6. Langkah selanjutnya adalah mengunggah produk pertama Anda. Untuk memulai menambahkan product silahkan klik "Tambah Post", lalu unggah banner, foto, logo perusahaan atau penjelasan tentang produk seperti informasi harga, jenis barang, jumlah barang, layanan/jasa apa yang Anda tawarkan, serta membuat ulasan tentang kualitas Apa yang akan di unggulkan dan sebagainya. 

7. Jika sudah selesai, klik tombol "Publikasikan" untuk mulai menampilkan produk/jasa di halaman website Anda.mudah

8. Terakhir saya ucapkan, Selamat! Anda sudah berhasil menciptakan potofolio bisnis secara gratis dengan mudah.

Nah itu tadi, bagaimana cara membuat Olshop gratis dengan menggunakan WordPress, semoga tulisan ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel kami :)