/* original by igniel.com, modified by trivusi.web.id */ html { scroll-behavior: smooth; } .toc { background-color: #f8f9fa; border: 1px solid #d1d5db; padding: 10px 20px; display: table; line-height: 1.6em; } .toc a { text-decoration: none; } .toc a:hover { text-decoration: underline; } .toc ol { counter-reset: item; padding-left: 0.5em; } .toc li { display: block; } .toc li:before { content: counters(item, ".") ". "; counter-increment: item; } .toc ol li a { margin-left: 0.2em; } .toc ol li ol { margin-left: 0.2em; } .toctogglelabel { cursor: pointer; color: #0645ad; } :not(:checked)>.toctoggle { display: inline !important; position: absolute; opacity: 0; } :not(:checked)>.toctogglespan:before { content: "["; } .toctoggle:not(:checked)+.toctitle .toctogglelabel:after { content: "sembunyikan"; display: inline; } .toctoggle:checked+.toctitle .toctogglelabel:after { content: "tampilkan"; } :not(:checked)>.toctogglespan:after { content: "]"; } .toctoggle:checked~ol { display: none; } :target::before { content: ""; display: block; height: 75px; margin-top: -75px; visibility: hidden; } } .toc strong { display: inline-block; font-size: 1.25rem; margin: 8px 25px 8px 0;

Cara Membuat Aplikasi Android untuk Pemula, Bisa Otodidak

Cara Membuat Aplikasi Android untuk Pemula, Bisa Otodidak
from pickpik.com / CC0
Membuat aplikasi Android bukanlah hal yang sulit, bahkan bagi pemula sekalipun. Dengan menggunakan Android Studio dan bahasa pemrograman seperti Java atau Kotlin, Anda dapat membuat aplikasi Android yang menarik dan berfungsi dengan baik.

Namun, bagi sebagian orang, memulai dari awal mungkin terasa menakutkan atau membingungkan. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat aplikasi Android untuk pemula.


Untuk membuat aplikasi Android untuk pemula, Anda memerlukan beberapa langkah dasar berikut:

1. Pelajari Java atau Kotlin

Java atau Kotlin adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi Android. Mempelajari bahasa pemrograman Java sangat penting untuk pengembangan aplikasi Android karena Android SDK (Software Development Kit) digunakan dalam bahasa Java.

Bahasa pemrograman Java sering digunakan dalam pembuatan aplikasi mobile, desktop, dan website. Dalam pengembangan Android, Java digunakan untuk membuat kode yang menentukan perilaku aplikasi, mengatur tampilan antarmuka pengguna, mengakses fitur perangkat, dan melakukan banyak fungsi lainnya.

Selain itu, Java adalah bahasa pemrograman yang relatif mudah dipelajari dan dipahami, terutama bagi pemula. Java memiliki sintaks yang jelas dan mudah diikuti, serta memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi Android dengan lebih cepat dan efisien.

Java juga mendukung konsep pemrograman berorientasi objek (OOP), yang memudahkan pengembang untuk mengorganisir kode mereka dengan lebih baik dan membuat aplikasi yang lebih kompleks dan mudah dipelihara.

Selain Java, saat ini pengembang Android juga dapat menggunakan bahasa pemrograman Kotlin sebagai alternatif. Namun, banyak dari tutorial, contoh kode, dan dokumentasi resmi Android masih menggunakan Java sebagai bahasa pemrograman utama. Oleh karena itu, mempelajari Java adalah investasi yang baik untuk masa depan Anda sebagai pengembang Android.

2. Unduh dan install Android Studio

Android Studio adalah Integrated Development Environment (IDE) merupakan alat yang digunakan dalam pembuatan aplikasi Android. Anda dapat mengunduhnya dari situs web resmi developer.android.

Berikut adalah tutorial langkah demi langkah untuk membuat aplikasi Android sederhana dengan Android Studio:

Persiapan

Unduh dan instal Android Studio sesuai versi sistem OS komputer Anda (Windows, Linux, MacOS) atau kunjungi situs web berikut https://developer.android.com/studio. Setelah terunduh, buka file installer tersebut dengan cara mengklik dua kali & pastikan komputer Anda terhubung ke internet.  

Buat project baru

Setelah menginstal Android Studio, buatlah project baru dan pilih jenis aplikasi yang ingin Anda buat. Kemudian, beri nama project dan pilih template yang sudah disediakan seperti "Empty Activity", "Basic Activity", "Tabbed Activity", dan sebagainya. 

Rancang tampilan UI

Gunakan editor tata letak untuk merancang tampilan antarmuka pengguna aplikasi Anda. Anda dapat menambahkan tombol, teks, gambar, dan sebagainya.
  1. Membuat Tampilan Antarmuka Pengguna
  2. Buka file activity_main.xml.
  3. Pilih design mode untuk membuat tampilan antarmuka pengguna.
  4. Tambahkan TextView, EditText ke tampilan antarmuka pengguna.
  5. Sesuaikan properti masing-masing elemen, seperti ID, teks, dan ukuran.

Buat kode dan logika aplikasi

Setelah merancang tampilan, buatlah kode untuk memprogram aplikasi Anda. Anda dapat menambahkan logika aplikasi dan menghubungkannya dengan tampilan antarmuka pengguna.

Menambahkan Logika Aplikasi

  1. Buka MainActivity.java.
  2. Deklarasikan variabel untuk elemen antarmuka pengguna.
  3. Tambahkan onClickListener untuk tombol.
  4. Dalam method onClick, ambil nilai input dari EditText dan tampilkan dalam TextView.
  5. Uji Aplikasi
  6. Jalankan aplikasi pada emulator atau perangkat fisik.
  7. Masukkan nilai pada EditText dan tekan tombol.
  8. Pastikan nilai yang dimasukkan muncul di TextView.
  9. Menyempurnakan Aplikasi
  10. Ubah tampilan antarmuka pengguna agar terlihat lebih menarik.
  11. Tambahkan validasi input, misalnya agar hanya dapat memasukkan angka.
  12. Tambahkan fungsi lain, misalnya untuk menghitung nilai matematika.

Dalam tutorial ini, kita membuat aplikasi sederhana yang memungkinkan pengguna memasukkan nilai angka dan menampilkan hasilnya di layar. Anda dapat memodifikasi aplikasi ini dengan cara yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Uji aplikasi Anda

Uji aplikasi Anda dengan menggunakan emulator atau perangkat fisik. Pastikan aplikasi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Publikasikan aplikasi

Setelah selesai diuji, Anda dapat mempublikasikan aplikasi Anda ke Google Play Store atau toko aplikasi lainnya. Pastikan untuk mengikuti pedoman dan aturan yang berlaku.

Dalam membuat aplikasi Android, Anda akan belajar banyak tentang bahasa pemrograman, IDE, tampilan antarmuka pengguna, dan pengembangan aplikasi secara umum. Mulailah dengan langkah-langkah dasar ini dan terus berlatih untuk menjadi ahli dalam mengembangkan aplikasi Android.