Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Lolos Daftar Prakerja.go.id Setelah Gagal

Cara Lolos Daftar Prakerja.go.id Setelah Gagal
from Pixabay
Pemerintah telah membuka kembali pendaftaran program prakerja pada hari Minggu, tanggal 7 Agustus 2022. Jika Anda pernah gagal daftar program prakerja di gelombang 39, tidak ada salahnya bila mencoba lagi untuk mendaftar pada gelombang 40. Namun sebelum itu Anda perlu membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan Program prakerja yang dapat diakses melalui laman https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan

Syarat-syarat itu antara lain:

Anda harus berstatus WNI.
Anda harus berusia 18 Tahun.
Anda sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Tahap Pendaftaran Awal

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar program prakerja.

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftarkannya langsung pada situs prakerja.go.id. Buka situs tersebut kemudian klik tombol "Daftar".

2. Masukkan nama lengkap sesuai identitas yang ada di KTP, alamat email, dan kata sandi yang nantinya akan digunakan untuk bisa mengakses dasboard.prakerja.go.id. Centang tulisan "Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku."

3. Jika Anda telah memasukan semua informasi di form pendaftaran. Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi akun dengan cara mengecek e-mail masuk dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail. 

4. Setelah proses konfirmasi akun e-mail berhasil dilakukan, kembali lagi ke situs Prakerja untuk melakukan verifikasi no handpone yang dilakukan dengan cara melengkapi data diri terlebih dahulu. 

Pemilik akun perlu melengkapi data diri seperti memasukan nama lengkap atas nama pemilik akun, alamat domisili, tanggal lahir, status pekerjaan, status perkawinan, status kewarganegaraan, memilih topik pelatihan yang ingin diikuti, dan meupload lampiran file Kartu Tanda Penduduk (KTP) berformat .jpeg atau file .png. Jepretan foto KTP yang diunggah harus jelas, tidak boleh buram, tidak boleh ada pantulan cahaya, dan ukuran gambar tidak boleh lebih dari 2 Mega Byte. Pastikan juga foto KTP berada dalam bingkai dan bukan foto copy. 

Melengkapi Data Diri

Ikuti langkah berikut untuk mengetahui bagaimana cara melengkapi data-data:

1. Pertama, masuk ke akun prakerja dengan alamat e-mail dan kata sandi pemilik akun yang telah terverifikasi identitasnya.

2. Kemudian, masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik tombol "Berikutnya".

3. Masukan data diri sesuai data yang ada di KTP pada formulir isian, mulai dari memasukan nama secara lengkap, alamat email, tempat tinggal, alamat domisili, status pendidikan, status pekerjaan, status perkawinan, jumlah tanggungan, foto KTP, dll. Lalu, centang tulisan "Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya". Klik tombol "Submit" dan setelah itu masukkan nomor telepon Anda dan kode OTP yang dikirim melalui pesan singkat. 

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Langkah selanjunya adalah mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. 

Setelah Anda berhasil melengkapi data diri dan memverifikasi nomor handphone dengan kode OTP, pemilik akun nanti akan diarahkan lagi untuk mengikuti tes awal berupa tes motivasi dan kemampuan dasar.

Hal-hal yang harus diketahui soal tes motivasi dan kemampuan dasar ini adalah sebagai berikut:

Tes motivasi dan kemampuan dasar berisi 18 soal dan berlangsung selama 25 menit. Dalam tes uji ini, pastikan Anda berada pada tempat yang memiliki koneksi internet yang stabil. Untuk melanjutkan tes, silahkan klik "Mulai Tes Sekarang". Jika waktu sudah habis, tes akan dianggap selesai dan dikirim secara otomatis.  

Tahap Pendaftaran Gelombang dan Evaluasi

Jika telah berhasil menyelesaikan tes dan kemampuan dasar maka, langkah berikutnya adalah menunggu datangnya e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja. Jika sudah ada pemberitahuan seleksi, kembali lagi ke situs prakerja dan gabung ke gelombang pendaftaran yang sedang dibuka. Pada saat itu kotak dialog Konfirmasi Pilihan akan muncul dilayar, klik "Ya, Gabung" dan untuk melanjutkan tekan tombol "Saya Menyetujui", lalu tunggu hingga proses evaluasi selesai.

Itulah tadi cara bagaimana mendaftarkan diri dalam program prakerja. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan terimaksih telah berkunjung di situs web kami. 


Posting Komentar untuk "Cara Lolos Daftar Prakerja.go.id Setelah Gagal"